Connect with us

HANKAM

KPLP Siapkan Keterampilan Menembak bagi Awak Kapal Negara Patroli

Published

on

Foto;istimewa/djpl

Jakarta, Bindo.id – Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai tingkatkan keterampilan menembak pada awak kapal negara patroli KPLP Tahun Anggaran 2023.

Direktur KPLP Rivolindo membuka Bimtek, yang berlangsung selama tiga hari dengan 40 peserta. Terdiri dari perwakilan dari berbagai Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Selasa (23/5/2023).

“Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 111 Tahun 2017 tentang Tata Kelola Senjata Api Dinas di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut sebagai salah satu manfaat untuk meningkatkan keterampilan Awak Kapal Negara Patroli KPLP perlu dilaksanakan Bimtek guna meningkatkan dan memperluas wawasan Awak Kapal Negara Patroli KPLP, untuk menjalankan tugas di lapangan dalam melakukan pengawasan keamanan dan keselamatan dunia pelayaran,” urainya.

Peningkatan keterampilan menembak sangat diperlukan oleh Awak Kapal Negara Patroli KPLP, karena memerlukan proses energi seseorang, untuk menentukan tindakan dengan tingkat emosional yang stabil.

Pelatihan keterampilan menembak yang disampaikan oleh para instruktur melalui prosedur-prosedur tertentu.

“Diharapkan kepada para Awak Kapal Negara Patroli KPLP, untuk dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya guna menambah wawasan tentang aturan-aturan untuk dipedomani, serta menjadi suatu pembaruan untuk pengendalian diri, tidak emosional, dan selalu waspada dalam bertindak, disamping itu pula dapat memperbaharui tentang tatacara merawat dan menyimpan Senjata Api Dinas,” ujarnya

Dengan latihan menembak, kita dapat melatih kedisiplinan, ketenangan, kesabaran  dan vokus, untuk menentukan suatu keputusan yang tepat.

Rivolindo mengingatkan agar pergunakan kesempatan mengikuti pembelajaran dengan sebaik-baiknya, sehingga tidak ketinggalan ilmu pengetahuan tentang tata cara teknik membidik dan menembak, serta merawat dan menyimpan senjata api dinas dengan benar.

“Besar harapan saya, dengan adanya kegiatan Keterampilan Menembak ini, Awak Kapal Negara Patroli KPLP menjadi lebih percaya diri dalam melaksanakan tugas dilapangan, yaitu melakukan pengawasan keamanan dan keselamatan pada alur Pelayaran,” tutup Rivolindo.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Peringati HUT KPLP dan Pangkalan PLP, Menhub: Bekerja Dengan Hati, Jaga Perairan Indonesia