Connect with us

HANKAM

Bakamla RI Terima Kunjungan US Coast Guard Bahas Hibah Drone

Published

on

Bakamla RI

Jakarta, Bindo.id – Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia menerima kunjungan Deputy Commander Pacific Area United States Coast Guard (USCG) RADM Matthew W. Sibley dalam rangka membahas perkembangan kerja sama, khususnya proses pembangunan Bakamla Training Center. Pertemuan berlangsung di Aula Ary Hasibuan Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Kamis (9/3/2023).

Merujuk pada hubungan kerja sama yang telah terjalin sebelumnya, terdapat beberapa poin pembahasan esensial yang disampaikan. Diantaranya isu-isu teknis dan strategis terkait keamanan dan keselamatan maritim, serta beberapa pelatihan yang telah diikuti oleh Bakamla RI. Sebut saja pelatihan Small Boat Operation (SBO), International Maritime Officer Course (IMOC), International Maritime Domain Awareness, dan lainnya.

Selain itu, Bakamla RI turut berpartisipasi dalam SEAMLEI (Southeast Asia Maritime Law Enforcement Initiative) yang merupakan forum pertemuan antara Coast Guard (CG)/Maritime Law Enforcement Agencies (MLEA) di Asia Tenggara yang diinisiasi oleh Amerika Serikat.

Dalam kesempatan ini RADM Sibley juga membahas mengenai Bakamla Training Center yang sedang dibangun di Batam, dan hibah drone yang akan diberikan oleh Pemerintah Amerika Serikat (AS).

Pertemuan turut dihadiri oleh Direktur International Narcotics and Law Enforcement Affairs (INL) Ken Zurcher, Defence Attache CDR Patrick Panjeti ALUSNA, ADC Deputy Commander LCDR Gregory Waugh, Desk Officer LT Samantha Clayton, dan Staf INL Ibu Moja Nurkalam, dalam siaran pers.

Sementara itu, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia turut didampingi oleh jajaran Pejabat Utama Bakamla RI, seperti Sestama Bakamla Laksda Bakamla Tatit E. Witjaksono, S.E., M.Tr (Han)., Deputi Kebijakan dan Strategi Laksda Bakamla Gregorius Agung W.D., M.Tr.(Han)., Deputi Operasi dan Latihan Laksma Bakamla Bambang Irawan, S.E, M.Tr (Opsla), Direktur Latihan Bakamla Laksma Bakamla Suwito, dan Kepala Unit Penindakan Hukum Laksma Bakamla Iman Wahyudi, S.Ik, M.Si, M.H.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Bakamla Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster Senilai Rp19 Miliar ke Malaysia