Connect with us

HANKAM

Pasukan TNI Tiba di Turki Untuk Misi Bantuan Kemanusiaan

Published

on

masker 434-8ff72449

Bindo.id (TURKI) – Pemerintah Indonesia, melalui TNI telah mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Turki pada tanggal 11 Februari yang lalu. Sebanyak 17 Tenaga Kesehatan dari TNI yang menjadi bagian dari Tim Emergency Medical Team (EMT) terbang ke Turki menggunakan pesawat Garuda Indonesia A330-300 dua hari kemudian dengan membawa  paket rumah sakit lapangan serta bantuan logistik seberat hampir 60 ton.

Seluruh tujuh belas Tenaga Kesehatan dari TNI tersebut memiliki spesialisasi penanganan medis dalam situasi darurat. Kedatangan Tim EMT diterima langsung oleh Dubes RI Ankara Lalu Muhamad Iqbal, Athan RI Ankara, Kolonel Kav M. Amir Aliakbar dan Koordinator Bantuan Kemanusiaan Turkiye (AFAD), Mehmet Gulluoglu.

Selain 17 Tenaga Medis, pesawat angkut Hercules C-130 lengkap dengan 25 awak pesawatnya juga diperbantukan kepada Pemerintah Turki hingga tanggal 20 Februari 2023. Pesawat C130 tersebut akan sangat membantu dalam mendistribusikan logistik bencana dari Ankara ke berbagai kota di daerah yang terdampak bencana di Turki.

Saat ini pesawat dengan daya angkut sampai dengan 10 ton tersebut tengah disiagakan di Bandar Udara Angkatan Udara Turki di Etimesgut, Ankara. Menurut Mission Chief Kol Pnb Wisoko, pesawat C-130 melaksanakan penerbangan sebanyak 2 sortie per hari selama di Turki.

Hal ini membuat Indonesia menjadi negara pertama dan satu-satunya sampai saat ini yang memperbantukan alutsista militernya kepada Pemerintah Turki dalam misi kemanusiaan.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Peduli Papua, TNI Buka Layanan Kesehatan di Rumah Warga