Connect with us

Info Nasional

Minyakita Langka, Mendag Akan Tambah 450 Ribu Ton Tiap Bulan

Published

on

Ilustrasi minyakita [sinpo.id]
Sumber gambar : Ilustrasi minyakita [sinpo.id]

Bindo.id, Jakarta – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan pemerintah dan produsen akan memberikan tambahan suplai minyak goreng kemasan dan curah 450 ribu ton tiap bulan.

Penyaluran tersebut diadakan selama 3 bulan yaitu dari Februari sampai April 2023. Zulhas berpendapat kebutuhan masyarakat selama bulan puasa sampai lebaran 2023 dapat terpenuhi dengan adanya kebijakan tersebut.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) memutuskan untuk meningkatkan pemenuhan kebutuhan domestik (DMO) agar dapat mengatasi langkanya Minyakita saat ini. Kemendag juga sudah mengadakan Rapat Evaluasi Pendistribusian Minyak Goreng Rakyat bersama produsen minyak goreng dan Badan Pangan Nasional hari ini pada hari Senin 30 Januari 2023.

“Sehingga terjadi peningkatan sebesar 50 persen dari DMO bulanan yang dialokasikan sebesar 300 ribu ton per bulan,” ucap Zulkifli, Senin (30/1/2023).

Dia berpendapat produsen minyak goreng sudah berkomitmen untuk menambah jumlah DMO minyak goreng yang ada di dalam negeri. Dia berkata pengusaha akan memberikan laporan tentang realisasi  per hari Jumat di tiap minggunya. Laporan tersebut diarsipkan juga oleh Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri.

Selain itu, para pelaku usaha juga akan mengadakan Pembinaan kepada jaringan distribusi masing-masing. Hal ini dilakukan untuk dapat mengimplementasikan harga eceran tertinggi (HET) dengan baik.

HET minyak goreng bermerek Minyakita pada tingkat konsumen yaitu Rp 14.000 per liter. Sedangkan harga minyak goreng curah yaitu Rp 15.500 per kilogram. Dia mendata pada tanggal 27 Januari 2023, harga eceran minyak goreng rata-rata menjadi Rp 14.700 per liter. Harga ini mengalami kenaikan sebesar 3,52 persen.

Sedangkan Minyakita harganya menjadi Rp 14.700 per liter. Harga ini mengalami kenaikan sebesar 5 persen jika dibandingkan dengan bulan Desember 2022. Harga itu tentunya lebih tinggi daripada HET yang telah ditetapkan oleh pemerintah yaitu Rp 14.000 per liter (minyakita) atau Rp 15.500 per kilogram (minyak curah).

Baca Juga  Oleh-Oleh Dari Luar Negeri Tak Dikenakan Tarif Bea Cukai

Zulhas juga mengatakan akan memastikan terpenuhinya suplai minyak goreng di pasar-pasar rakyat dan ritel-ritel modern di seluruh wilayah Indonesia. Dirinya berjanji akan memastikan pendistribusian dan pemenuhan di seluruh wilayah Indonesia berdasarkan HET dalam jangka waktu satu minggu ke depan.

“Kami juga akan memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan pendistribusian minyak goreng, baik kemasan merek Minyakita maupun curah di pasar rakyat maupun ritel modern di seluruh wilayah Indonesia,” tutur Zulhas.

Sumber : Minyakita Langka Jelang Puasa, Mendag Bakal Tambah Suplai 450 Ribu Ton Minyak Goreng

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion