Connect with us

News

Tebar Kebahagiaan, PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL Group) Bagikan Hewan Kurban pada Hari Raya Idul Adha

Published

on

foto:istimewa/pelindo/spsl

Jakarta, Bindo.id – Pada Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M, PT Pelindo Solusi Logistik atau SPSL Group membagikan kebahagiaan dengan menyelenggarakan kegiatan penyaluran hewan kurban bagi masyarakat di wilayah operasional perusahaan, termasuk Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), para stakeholder, dan penduduk sekitar area perusahaan di seluruh Indonesia, dengan pusatnya di Jakarta.

SPSL Group telah berhasil menyalurkan total 33 ekor sapi dan 11 ekor kambing sebagai hewan kurban pada tahun 2023 ini.

Hewan-hewan tersebut telah disalurkan ke berbagai lokasi seperti Jakarta, Bekasi, Surabaya, Semarang, Lampung, Palembang, Riau, Jambi, Medan, Makassar, Pontianak, dan Maluku Utara.

“Penyaluran hewan kurban ini dilakukan setiap tahunnya sebagai salah satu bentuk rasa syukur serta wujud kepedulian sosial SPSL Group kepada masyarakat sekitar, serta merupakan salah satu upaya dalam menjaga hubungan baik dengan segenap stakeholders di wilayah kerja perusahaan,” ujar Direktur Utama PT Pelindo Solusi Logistik Joko Noerhudha (26/6).

Penyaluran hewan kurban ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo Berbagi Qurban yang dilakukan dengan koordinasi yang terarah antara regional, cabang, dan Subholding Pelindo setempat.

Dengan demikian, diharapkan manfaat dari program ini dapat tepat sasaran.

Menurut data Kementerian Pertanian (Kementan), jumlah hewan kurban yang tersedia mencapai 2,74 juta ekor menjelang Idul Adha 2023.

Angka ini mengalami peningkatan sebesar 20,2% dibandingkan tahun sebelumnya yang sejumlah 2,3 juta ekor.

Kementerian Pertanian juga mencatat bahwa per tanggal 1 Juni 2023, terdapat sekitar 64.000 kasus penyakit lumpy skin disease (LSD) pada ternak yang tersebar di 16 provinsi di Indonesia.

SPSL Group sangat memperhatikan kondisi hewan kurban yang akan disalurkan, guna memastikan bahwa hewan-hewan tersebut memenuhi standar keamanan dan kesehatan yang telah ditentukan.

Baca Juga  Tingkatkan Kesehatan dan Produktivitas Pegawai, PT API Gelar Program Employee Wellness

Mereka harus terbebas dari penyakit seperti penyakit mulut dan kuku (PMK) serta lumpy skin disease (LSD).

Dalam pelaksanaan penyaluran hewan kurban ini, SPSL Group bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan, termasuk Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di sekitar lingkungan kerja SPSL Group yang bertanggung jawab dalam pemotongan hewan kurban.

Hewan kurban tersebut kemudian didistribusikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya, dengan seluruh prosesnya mengacu pada pedoman yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia.

Nurdin, sebagai perwakilan penerima hewan kurban dan juga penduduk di sekitar area perusahaan, mengungkapkan kegembiraannya atas bantuan penyaluran hewan kurban yang diberikan oleh SPSL Group.

“Kami mengucapkan rasa terima kasih kepada SPSL dan Pelindo Group, penyaluran hewan kurban ini sangat bermanfaat bagi kami, hewan kurban yang disalurkan juga sehat-sehat. Semoga kegiatan positif ini dapat terus dilaksanakan tiap tahun,” ujar Nurdin.

“Sebagai Subholding Pelindo, kami akan terus berkomitmen untuk melaksanakan program TJSL secara konsisten yang sejalan pula dengan komitmen BUMN dalam menjaga tren positif perekonomian Indonesia,” tutup Joko.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion