Connect with us

News

Banyak Kasus Online Scam, Jokowi Mengajak PM Kamboja Untuk Memperkuat Kerjasama Hukum

Published

on

Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan bilateral bersama Perdana Menteri (PM) Kamboja yang bernama Hun Manet, di Istana Merdeka, Jakarta [fakta]
Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan bilateral bersama Perdana Menteri (PM) Kamboja yang bernama Hun Manet, di Istana Merdeka, Jakarta [fakta]

Jakarta, Bindo.id – Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan bilateral bersama Perdana Menteri (PM) Kamboja yang bernama Hun Manet, di Istana Merdeka, Jakarta.

Jokowi dan Hun Manet di pertemuan tersebut membahas tentang pentingnya penguatan kerja sama untuk memberikan perlindungan kepada warga negara Indonesia (WNI), terutama yang menjadi korban penipuan daring atau online scam.

“Bapak Presiden mengatakan dari Januari-Juli tahun ini, 777 kasus ditangani di Kamboja, 515 di antaranya terkait dengan online scam,” tutur Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Senin (4/9/2023).

Oleh sebab itu, Presiden Jokowi menekankan pentingnya memperkuat kerja sama antara para penegak hukum.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi dan Hun Manet juga melakukan pembahasan tentang peningkatan kerja sama dalam bidang pertanian.

Termasuk tentang ekspor impor serta ketahanan pangan.

Hal ini merupakan kerja sama yang strategis.

“bukan hanya mengenai ekspor impor tetapi ini juga bicara mengenai masalah ketahanan pangan,” ungkapnya.

Retno menyebutkan bahwa di dalam pertemuan itu juga menteri pertanian dari kedua negara telah menandatangani nota kesepahaman pertanian.

“kedua pemimpin Indonesia Kamboja bicara mendorong kerja sama antara BUMN Indonesia dengan BUMN Kamboja,” ujarnya.

Kunjungan PM Hun Manet di acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 yang digelar di Jakarta menjadi kunjungan perdananya ke KTT sejak dirinya menjabat menjadi PM Kamboja pada tanggal 22 Agustus 2023.

“Ini adalah kunjungan PM Kamboja ke KTT yang pertama kalinya,” ungkap Menlu.

PM Kamboja yang datang di acara ini merupakan PM yang baru.

Sejumlah pejabat yang turut mendampingi Presiden Jokowi di pertemuan tersebut yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md; Menteri Luar Negeri Retno Marsudi; Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo; serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Presiden Jokowi Terima Kunjungan 8 Anggota Kongres AS, Bahas Kemitraan dan Kerjasama