Connect with us

Kuliner

Dijamin Bisa Tahan Hingga Berbulan-Berbulan-Bulan, Ini Dia 5 Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas yang Benar

Published

on

Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas yang Benar

Bindo.id – Ketika hari raya Idul Adha tiba, biasanya seseorang akan mendapatkan daging kurban dalam jumlah yang  banyak sehingga membuatnya tidak bisa habis dimasak dalam waktu bersamaan.

Oleh karena itu agar daging kurban yang kamu miliki tersebut bisa awet penting untuk menyimpannya di dalam kulkas.

Namun perlu diketahui bahwa untuk menyimpan daging kurban di dalam kulkas itu tidak boleh dilakukan secara asal-asalan.

Di mana dibutuhkan teknik khusus untuk menyimpan daging kurban di kulkas itu agar tidak cepat busuk. Lantas seperti apa cara menyimpan daging kurban di kulkas yang benar itu?

5 Cara Menyimpan Daging Kurban di Dalam Kulkas Agar Tidak Cepat Busuk

Siapa bilang jika daging kurban itu hanya bisa bertahan selama beberapa minggu saja ketika disimpan di dalam kulkas. Di mana daging itu juga bisa bertahan hingga berbulan-bulan asalkan cara penyimpanannya telah dilakukan secara benar. Adapun 5 cara menyimpan daging kurban di  kulkas yang bisa awet hingga berbulan-bulan seperti berikut ini.

1. Dilarang untuk Mencuci Daging Kurban

Biasanya ketika sudah mendapatkan daging kurban masyarakat Indonesia akan langsung mencucinya menggunakan air mengalir, setelah itu barulah menyimpannya ke lemari pendingin atau kulkas.

Dalam hal ini sebaiknya cara menyimpan daging kurban di kulkas seperti itu perlu kamu hindari. Pasalnya mencuci daging kurban sebelum disimpan ke dalam kulkas bisa membuatnya menjadi cepat busuk dan tidak awet.

Bukan hanya itu saja namun mencuci daging kurban yang masih mentah kemudian menyimpannya ke kulkas juga berpotensi bisa membuat bakteri masuk ke dalamnya, alhasil menyebabkan daging kurban mengalami perubahan rasa.

2. Memotong Daging Kurban Menjadi Berukuran Kecil

Cara menyimpan daging kurban di kulkas yang benar berikutnya yaitu kamu perlu memotongnya menjadi berukuran kecil. Untuk ukurannya sendiri bisa Kamu kira-kira berdasarkan konsumsi dalam satu hari.

Perlu diketahui bahwa tujuan utama mengapa kamu perlu memotong daging kurban itu menjadi berukuran kecil agar nantinya lebih mudah untuk mengambilnya di kulkas.

Di samping itu memotong daging kurban menjadi berukuran kecil juga terbukti bisa menghemat ruang penyimpan di dalam kulkas.

3. Memasukkan Daging Kurban pada Wadah yang Kedap Udara

Sebelum memutuskan untuk menyimpannya ke lemari pendingin,  pastikan terlebih dahulu kamu telah memasukkan daging kurban itu ke dalam wadah yang kedap udara. Hal ini dimaksudkan supaya daging kurban yang kamu miliki bisa tetap aman ketika dikonsumsi.

Tetapi ketika ingin menerapkan cara menyimpan daging kurban di kulkas ini, pastikan wadah yang kamu gunakan itu telah terbuat dari bahan aman untuk makanan. Adapun beberapa bahan yang aman untuk makanan seperti plastik, aluminium dan stainless steel.

4. Meletakkannya ke Dalam Freezer

Agar nantinya daging kurban yang kamu miliki itu bisa tahan hingga berbulan-bulan, cobalah untuk meletakkannya ke dalam freezer.

Selain bisa membuatnya lebih awet, cara menyimpan daging kurban di kulkas ini juga terbukti tidak akan mencemari makanan lainnya yang ada di dalam lemari pendingin.

Dikutip dari FDA, daging kurban yang disimpan di dalam freezer dengan temperatur suhu sekitar -18 derajat itu dipercaya bisa awet hingga 2 bulan lamanya.

Hal itu bisa terjadi dikarenakan suhu – 18 derajat bisa menghambat proses penyebaran bakteri pada daging hewan kurban.

5. Memasukkan Daging Kurban ke Dalam Rak Khusus

Cara menyimpan daging kurban di kulkas yang  terakhir yaitu kamu perlu memasukkannya ke dalam rak khusus.

Diharapkan dengan menyimpannya di dalam rak khusus daging kurban tersebut bisa awet dan tahan lama.

Tidak hanya itu saja namun rak khusus tersebut juga akan membantu dalam proses pencairan daging yang sudah membeku.

Tentunya ketika daging yang dimasukkan ke dalam kulkas itu sudah tidak membeku akan membuatnya lebih mudah diolah.

Demikianlah ulasan singkat tentang 5 cara menyimpan daging kurban di kulkas  yang benar dan bisa kamu praktekkan sendiri.

Dijamin dengan menerapkan beberapa tips di atas daging kurban yang kamu miliki bisa awet hingga berbulan-bulan lamanya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *