Connect with us

Kuliner

5 Makanan Khas Daerah Istimewa Yogyakarta yang Unik

Published

on

pexels-baarast-project-13224631-8e83d69e

Destinasi, Bindo.id – Berkunjung ke kota gudeg akan terasa kurang jika kamu tidak menyempatkan diri untuk mencicipi makanan khas Yogyakarta. Apalagi di Daerah Istimewa Yogyakarta itu ada beberapa makanan khas yang terbilang sangatlah unik dan belum tentu bisa kamu dapatkan di daerah lainnya. Lantas apa saja makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta yang unik itu?.

Rekomendasi Makanan Khas Daerah Istimewa Yogyakarta yang Unik

Selain dikenal sebagai kota dengan segudang destinasi wisata menarik, Daerah Istimewa Yogyakarta itu juga memiliki banyak sekali makanan khas yang wajib untuk dicicipi. Bahkan di Yogyakarta itu terdapat banyak sekali makanan unik yang terbukti bisa menggoda lidah. Adapun 5 rekomendasi makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta yang unik seperti berikut ini.

1. Oseng Mercon

Rekomendasi pertama makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta yang unik itu dan wajib Kamu cicipi ketika mengunjungi kota tersebut adalah Oseng Mercon. Oseng mercon sendiri merupakan masakan yang dibuat dari bahan dasar berupa tetelan dan daging sapi.

Nantinya kedua bahan itu akan dimasak dengan cara ditumis memakai cabai berjumlah banyak. Alhasil  membuat oseng mercon ini akan memiliki cita rasa pedas dan gurih. Jika dalam hal ini kamu tertarik untuk mencicipi makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta yang unik ini bisa mengunjungi rumah makan Oseng Mercon Bu Narti.

Namun ketika ingin mendatangi tempat makan itu, disarankan untuk mengajak keluarga atau teman yang fasih berbahasa Jawa. Hal itu dikarenakan umumnya jika pembelinya merupakan seorang turis atau wisatawan dari luar daerah akan dikenakan tarif yang sedikit lebih mahal apabila dibandingkan penduduk lokal.

2. Soto Bathok

Makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta yang unik berikutnya yaitu soto bathok. Alasan mengapa makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta ini diberi nama  “Soto Bathok” dikarenakan dihidangkan memakai tempurung kelapa. Dengan penyajian yang cukup unik itu membuat makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta ini mampu menghasilkan cita rasa sangat lezat dan segar.

Biasanya pedagang akan menyajikan soto bathok ini bersama dengan nasi dan potongan daging sapi yang kemudian diberi perasan jeruk nipis serta sambal di atasnya. Di Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri untuk menemukan soto bathok ini juga terbilang sangatlah mudah.

Hal itu dikarenakan di sana sudah banyak orang yang menjual makanan unik tersebut. Di mana salah satu rekomendasi tempat yang menjual makanan unik ini yaitu warung “Sauto Bathok Mbah Karto”. Selain soto, warung yang lokasinya berada di Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman ini juga menjual beberapa menu tambahan lainnya. Adapun beberapa menu tambahan lainnya yang bisa kamu temukan seperti sate puyuh, perkedel, tempe garit dan sate usus.

3. Sate Klatak

Meskipun nama makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta yang unik ini adalah klatak, namun bukan berarti dibuat dari daging katak. Melainkan bahan dasar untuk membuat sate klatak sendiri yaitu daging kambing. Dalam hal ini nantinya daging kambing muda itu akan diolah menggunakan bumbu sederhana berupa ketumbar dan garam. Kemudian setelah matang sate klatak itu akan disajikan bersama dengan kuah gulai.

Untuk proses pembakaran sate klatak sendiri juga terbilang sangatlah unik. Di mana sate klatak ini dimasak dengan cara dibakar menggunakan tusukan besi bekas yang berasal dari gerigi sepeda. Apabila kamu penasaran rasa dari salah satu makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta yang unik ini bisa mengunjungi warung sate Klatak Pak Pong.

Diketahui warung sate klatak Pak Pong sendiri lokasinya berada di Jalan Sultan Agung No 18, Bantul , Yogyakarta. Sedangkan untuk harganya makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta yang unik ini dibanderol mulai dari Rp20.000 saja.

4. Mangut Lele

Sama halnya dengan namanya, makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta yang unik ini dibuat dari bahan dasar berupa ikan lele. Perlu diketahui bahwa konon menurut ceritanya dulunya Mangut Lele ini merupakan hidangan utama untuk para raja.

Namun seiring berjalannya waktu makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta yang unik ini bisa dinikmati oleh semua kalangan. Untuk kamu yang tertarik dengan makanan unik itu bisa mengunjungi rumah makan “Mangut Lele Mbah Marto”. Rumah makan Mangut Lele Mbah Marto sendiri lokasinya berada di Jalan Parangtritis, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Sego Godog

Jika biasanya nasi itu diolah dengan cara digoreng atau dikukus, namun beda halnya dengan makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta yang unik ini. Dimana untuk membuat Sego Godog, nantinya nasi yang sudah matang akan direbus kembali. Kemudian setelah matang makanan unik itu akan disajikan bersama dengan kuah panas.

Sedangkan untuk cita rasa yang dihasilkan dari Sego Godog ini adalah gurih. Bagi kamu yang ingin mencoba merasakan makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta yang unik itu bisa mengunjungi warung Sego Godog Pak Pethel di Sewon, Bantul.

Demikianlah ulasan singkat tentang makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta yang unik dan wajib  kamu cicipi ketika menginjakkan kaki di kota tersebut.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *