Connect with us

Kesehatan

Manjur! 7 Buah Ini Mampu Atasi Sembelit dan Penuhi Kebutuhan Serat Bagi Penderita Asam Lambung

Published

on

buah untuk atasi sembelit bagi penderita asam lambung - bindoid-3077bc52

Kesehatan, Bindo.id – Para penderita asam lambung yang sedang mengalami sembelit kadangkala bingung memilih buah terbaik sebagai alternatif penyembuhan.

Sebab, beberapa buah yang terkenal kaya serat justru memiliki rasa asam yang kurang bersahabat di lambung. Sebut saja misalnya mangga dan kiwi.

Lalu, buah apa yang sekiranya cocok dikonsumsi oleh penderita asam lambung untuk mengatasi sembelit secara alami?

Berikut ada 7 buah yang ampuh mengatasi sembelit dan memenuhi kebutuhan serat bagi penderita asam lambung.

Ketujuh buah ini selain kaya serat, cita rasanya juga cenderung manis sehingga aman untuk dikonsumsi secara berkala.

Buah-buahan ini mudah didapatkan dan harganya pun sangat terjangkau.

Di akhir, simak cara terbaik mengonsumsi buah-buahan tersebut agar kian efektif mengatasi sembelit.

1. Kurma

Untuk mengatasi sembelit, anda dapat mencoba mengonsumsi kurma. Kandungan seratnya berkhasiat mengatasi masalah susah buang air besar. Kurma yang memiliki cita rasa manis dan bertekstur kenyal ini aman untuk penderita asam lambung.

Gerakan usus menjadi lebih teratur berkat kandungan serat dari kurma. Feses terbentuk menjadi lebih padat sehingga dapat lebih mudah terdorong keluar.

2. Pepaya

Serat pada pepaya menjadi obat alami untuk masalah sulit buang air besar. Buah ini aman bagi penderita asam lambung karena rasanya yang manis. Enzim papain yang terkandung dalam pepaya berkhasiat untuk memperbaiki proses pencernaan di dalam usus.

Asimilasi dalam tubuh juga terbantu dengan enzim papain ini. Dengan tekstur yang tidak terlalu keras, pepaya dapat menenangkan dan meminimalkan kerja lambung yang sedang terganggu.

3. Alpukat

Alpukat adalah buah kaya serat dan bagus untuk melancarkan pencernaan. Kandungan serat pada alpukat mencapai 6 – 7% dari kebutuhan serat harian tubuh.

Asupan seratnya mampu mengoptimalkan kerja saluran pencernaan sehingga mengatasi masalah sembelit secara alami. Selain itu, buah bertekstur lembut ini juga aman untuk penderita asam lambung. Rasanya manis dan tidak asam.

4. Melon

Bagi penderita sakit asam lambung yang sedang mengalami sembelit, maka cobalah mengonsumsi melon. Rasanya yang manis membuat buah ini aman untuk dikonsumsi secara rutin. Ada kandungan kalium pada melon yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kadar asam lambung.

Untuk mengatasi masalah sembelit, melon mengandung banyak serat alami yang akan membantu proses pembuangan kotoran dari dalam usus. Kandungan airnya pun cukup tinggi sehingga akan memperlancar gerak usus.

5. Pisang

Buah untuk melancarkan pencernaan dan aman bagi penderita asam lambung yang berikutnya adalah pisang. Teksturnya tidak keras, kaya serat, dan mudah dicerna oleh usus.

Pisang juga mampu mengatasi sembelit melalui gerakan alkalis yang ditimbulkannya. Gerakan alkalis ini membantu mendorong isi usus yang sudah tidak tercerna (kotoran) keluar tubuh dengan lebih mudah. Namun, bagi penderita asam lambung, perlu membatasi konsumsi pisang dalam sehari.

Melansir dari kalcare.com, pisang memiliki prebiotik yang disukai oleh bakteri baik dalam saluran pencernaan. Proses metabolisme antara pisang dan bakteri baik di dalam usus menghasilkan gas yang sebenarnya bermanfaat untuk tubuh. Asalkan, jumlahnya tidak berlebihan. Oleh sebab itu, jangan mengonsumsi pisang terlalu banyak agar tidak sebah dan mual.

6. Semangka

Buah manis dan segar yang satu ini cocok untuk menjadi pilihan bagi para penderita asam lambung yang sedang mengalami sembelit. Semangka bekerja dengan mengurangi refluks dan menetralkan asam lambung.

Buah ini memiliki kandungan air dan serat yang tinggi sehingga mampu mengatasi masalah susah buang air besar. Air dan serat dari semangka membuat usus bekerja lebih efektif.

7. Apel Merah

Dibandingkan jenis apel lainnya, apel merah aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Rasa dari apel merah lebih manis dan tidak asam. Apel merah mengandung enzim pektin yang mampu menenangkan dan melindungi lambung.

Untuk melancarkan pencernaan, apel merah tergolong kaya serat. Kandungan fruktose-nya pun turut membantu pencernaan. Tak hanya itu, apel merah juga memiliki  kandungan magnesium, kalium, dan kalsium yang baik untuk tubuh.

Cara Terbaik Mengonsumsi Buah Untuk Mengatasi Sembelit

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari buah-buahan tersebut, maka Anda harus mengonsumsinya dengan cara yang tepat. Sebaiknya konsumsilah buah-buahan secara langsung agar nutrisi dan vitaminnya tetap terjaga.

Jangan lupa mencuci buah dengan air matang terlebih dahulu untuk membuang kotoran yang menempel di kulitnya.

Khusus untuk kurma, Anda juga dapat mengonsumsinya dengan cara merendam kurma semalaman terlebih dahulu di dalam air matang. Keesokan paginya, Anda dapat langsung memakan buah kurma dan meminum air rendamannya. Sebab, kurma juga memiliki serat larut yang bermanfaat untuk mengatasi sembelit.

Alternatif lain, Anda bisa mengolah buah-buahan tadi menjadi jus. Namun, jangan tambahkan gula atau susu kental manis ke dalam olahan jus.

Pemanis buatan justru akan mengurangi manfaat sehat dari buah. Selain itu, pemanis buatan sangat berpotensi menimbulkan penyakit lain yang akan mengganggu kesehatan tubuh.

Nah, itulah 7 buah untuk mengatasi sembelit yang aman untuk penderita asam lambung. Ketujuh buah tersebut akan membantu memperlancar buang air besar tanpa memicu naiknya asam lambung.

Namun, pastikan Anda mengonsumsinya dengan cara dan porsi yang tepat. Bahkan jika perlu, lengkapi dengan mengonsumsi sayuran hijau kaya serat dan perbanyak minum air putih.  ***

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *