Connect with us

Kesehatan

Apa yang Harus Kita Lakukan Ketika Telinga Berdengung?

Published

on

Gangguan pada telinga dan masalah telinga berdengung
Photo Credit: alodokter.com

Telinga berdengung adalah masalah yang kerap terjadi pada siapa saja terutama lansia. Masalah ini kerap mengganggu aktivitas, lalu apa yang harus kita lakukan ketika telinga berdengung? Ada beberapa solusi yang bisa dilakukan tergantung dengan penyebabnya. Kondisi ini bisa terjadi pada kedua telinga atau salah satu saja dan sifatnya bisa saja ringan atau berat dengan dering yang terus menerus. Sebelum periksa ke dokter ada beberapa hal yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Apa yang Harus Kita Lakukan Ketika Telinga Berdengung?

Lansia lebih sering mengalami telinga berdengung karena sel rambut di bagian dalam telinga fungsinya mulai menurun. Hal tersebut membuat saraf pendengaran hiperaktif dan mudah terstimulasi suara walaupun sebenarnya tidak terjadi.

Selain faktor usia, penyebab telinga berdering juga bisa karena penumpukan kotoran yaitu zat lilin yang dihasilkan kelenjar telinga. Bisa juga karena infeksi telinga dan terlalu sering terpapar suara kencang. Saat periksa ke dokter biasanya akan ada serangkaian tes yang perlu dilakukan. Mulai dari tes pendengaran menggunakan audiometri, CT scan dan MRI serta pemeriksaan fisik lainnya. Hal ini bisa dilakukan ketika masalah telinga berdengung sudah tidak bisa diatasi sendiri.

Beberapa Solusi Awal Telinga Berdengung

Sebelum pergi ke dokter ada beberapa hal mudah yang bisa dilakukan.

Mengoleskan Minyak Zaitun

Cara pertama ini memanfaatkan bahan alami yaitu minyak zaitun yang mengandung anti bakteri sehingga efektif menjaga kesehatan termasuk telinga. Minyak diperlukan untuk melunakkan kotoran yang mengeras dan menimbulkan dengung. Pertama tinggal teteskan minyak zaitun dengan kapas dan bersihkan daun telinga dan lubang telinga. Bisa dilakukan berulang hingga kotoran keluar dan menjadi bersih.

Menggunakan Minyak Kelapa

Sama seperti minyak zaitun, minyak kelapa juga berfungsi untuk melunakkan kotoran. Hanya saja minyak kelapa memiliki fungsi yang lebih baik dalam melawan infeksi serta bakteri. Sedangkan cara menggunakannya adalah dengan memanaskan minyak terlebih dahulu. Kemudian teteskan minyak kelapa ke lubang telinga cukup satu atau dua saja. Tunggu lima menit baru bersihkan lubang telinga menggunakan kapas khusus. Otomatis semua kotoran akan terangkat dan meredakan dengung.

Menggunakan Alat Bantu Dengar

Bagi lansia membersihkan kotoran saja tidak cukup mengingat sel sel rambut sudah mulai menurun. Oleh karena itu untuk mengatasi dengung telinga pada lansia maka diperlukan alat bantu dengar. Khususnya jika dengung terjadi terus menerus. Selain itu alat bantu dengar juga mempermudah lansia untuk mendengarkan orang lain ketika sedang mengobrol. Sebaiknya sambil menggunakan alat bantu dengar, juga harus menerapkan terapi pendengaran yakni mendengarkan suara ombak di laut, hujan dan suara alami yang lainnya.

Menggunakan Pelindung Telinga dari Suara

Salah satu penyebab telinga berdengung adalah paparan suara kencang terus menerus. Hal ini sering terjadi pada pekerja bangunan atau bengkel yang harus mendengarkan suara las, pukulan atau alat pemotong yang cukup kencang. Demi meredakan dengung serta mencegahnya maka diperlukan alat pelindung suara di telinga. Alat ini wajib digunakan pada saat bekerja sehingga meringankan masalah dengung untuk ke depannya. Pastikan alat ini bisa bekerja dengan baik.

Menghindari Alkohol dan Kafein

Konsumsi alkohol, kafein dan rokok akan membuat aliran darah menjadi tidak lancar sehingga menimbulkan dengung di telinga. Akan lebih baik untuk mengurangi konsumsi zat tersebut yang bisa melancarkan aliran darah di telinga.

Sudah tidak bingung lagi bukan soal apa yang harus kita lakukan ketika telinga berdengung? Apabila sudah melakukan hal-hal di atas telinga masih bermasalah akan lebih baik untuk periksa ke dokter.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *