Connect with us

Kesehatan

Apa Obat untuk Mata Bengkak? Cek 4 Daftarnya

Published

on

Seorang penderita sakit mata dan mata bengkak

Mata bengkak bisa mengganggu penampilan, jika tidak segera diobati bukan hanya penampilan yang terganggu tetapi juga kesehatan. Jika bertanya apa nama obat untuk mata bengkak? jawabannya ada banyak, tapi harus membeli yang tepat.

Beberapa masalah mata bengkak bisa segera diatasi dengan obat tetes mata yang tersedia di apotek tanpa harus menggunakan resep dokter. Selama penyebabnya bukan bakteri atau virus, maka obat ini bisa segera dibeli.

Apa Nama Obat untuk Mata Bengkak? Bisa Beli di Apotek

Obat eksternal yang digunakan untuk mengatasi mata bengkak setidaknya ada dua jenis yaitu obat tetes dan obat krim. Obat tetes mata yang paling banyak jenisnya karena bisa digunakan untuk mengatasi lebih banyak penyebab.

Sedangkan obat krim biasanya dianjurkan untuk mengatasi mata bengkak karena bakteri dan virus. Obat krim juga akan digunakan bersamaan dengan obat oral. Berikut ini beberapa jenis obat yang bisa langsung dibeli di apotek baik dengan dan tanpa resep dokter.

Obat Tetes Air Mata Buatan

Jenis obat yang pertama ini paling sering digunakan dan dimanfaatkan bagi mata yang kering. Ada beberapa jenis zat yang biasanya terdapat di dalamnya seperti gliserin. Zat ini akan meningkatkan kelembaban di permukaan bola mata sehingga bagus mengatasi mata kering. Penyebab mata kering bisa karena perubahan hormon atau terlalu sering melihat layar gadget. Rasa yang tidak nyaman pada mata seperti perih, gatal dan bengkak pun kerap terjadi. Jika itu yang dirasakan maka cukup meneteskan obat ke dalam kantung mata dan tutup kelopak 2 sampai 3 menitan.

Obat Tetes Antihistamin

Ada juga masalah mata bengkak yang disebabkan oleh alergi. Jika ini adalah penyebabnya maka diperlukan obat tetes antihistamin yang khusus untuk mengatasi alergi. Ciri mata yang mengalami alergi selain bengkak adalah mata gatal dan terus berair. Cara kerja obat tetes mata ini adalah dengan menghambat kerja histamin yakni zat kimia yang memicu timbulnya gejala alergi ketika tubuh terkena alergen. Ada beberapa obat tetes mata antihistamin seperti emedastine atau levocabastine.

Obat Antibiotik

Mengapa tidak disebut sebagai obat tetes mata? Karena obat antibiotik ini bisa berupa krim, tetes mata dan juga obat oral. Pembeliannya juga tidak sebebas dua obat lainnya karena harus menggunakan resep dokter, namun ketersediaan bisa didapatkan di apotek. Obat ini bisa digunakan untuk mengatasi mata bengkak yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang cukup parah. Namun tidak dapat digunakan untuk mengatasi mata bengkak karena virus. Jenis obat antibiotik yang kerap diresepkan oleh dokter antara lain cefpodoxime, amoksilin dan cefdinir.

Obat Kortikosteroid

Terakhir adalah obat yang digunakan untuk mengatasi mata bengkak karena iritasi. Disertai juga dengan gejala seperti kemerahan, mata terasa panas hingga meradang. Sama seperti antibiotik obat ini hanya bisa dibeli di apotek dengan resep dokter. Selain itu hanya bisa digunakan ketika mata bengkak disebabkan infeksi bakteri yang menimbulkan luka di kornea mata. Beberapa dokter biasanya menggunakan obat ini ketika pasien menyelesaikan operasi mata dengan tujuan mencegah pembengkakan. Jenis obat kortikosteroid yang tersedia adalah prednisolone.

Sebelum menggunakan obat atau periksa ke dokter ada baiknya untuk mencoba melepas lensa kontak dan mengompresnya. Apabila belum sembuh dan gejala semakin parah maka bisa segera periksa ke dokter.

Sudah tahu belum apa nama obat untuk mata bengkak? Pastikan untuk tahu penyebab mata bengkak sebelum membeli obatnya. Lebih baik pula jika sudah periksa ke dokter untuk mendapatkan resep yang lebih akurat.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *