Connect with us

Kesehatan

Apakah Obat Tetes Mata Dapat Menyembuhkan Mata Bengkak?

Published

on

Seorang Pria Menggunakan Obat Tetes Mata Untuk Mengatasi Iritasi Pada Matanya

Mata bengkak bisa terjadi kapan saja dan pada siapa saja, beberapa orang menganjurkan obat tetes mata untuk mengatasinya. Tapi apakah obat tetes mata dapat menyembuhkan mata bengkak? Hal inilah yang seharusnya diketahui secara mendalam.

Tidak bisa memberikan obat mata bengkak secara sembarangan karena beberapa penyebab justru bisa sembuh dengan sendirinya. Artikel ini akan menjelaskan soal apakah obat tetes mata mampu mengatasi mata bengkak atau tidak.

Apakah Obat Tetes Mata Dapat Menyembuhkan Mata Bengkak? Ini Penjelasannya

Dunia medis menyebut mata bengkak dengan istilah periorbital puffiness. Kondisi ini dapat terjadi karena penumpukkan cairan dalam sekitar jaringan mata. Biasanya bagian yang bengkak terjadi di bagian kelopak. Beberapa gejala yang biasanya muncul juga bisa seperti mata kering, merah hingga berair.

Penyebabnya bisa karena beberapa hal seperti menangis dalam waktu yang lama, iritasi debu, alergi sampai dengan cedera. Pengobatan mata bengkak harus sesuai dengan penyebabnya, jika perlu tanyakan langsung kepada dokter.

Dokter biasanya akan menganjurkan dua jenis obat, yaitu obat tetes mata dan juga obat krim. Beberapa dokter biasanya juga akan memberikan resep obat oral berupa antibiotik untuk menyembuhkan dari dalam.

Penggunaan Obat Tetes Mata Yang Tepat

Obat tetes mata biasanya digunakan untuk beberapa masalah berikut ini:

  • Iritasi pada Mata
    Iritasi yang disebabkan oleh debu atau kotoran dapat menimbulkan mata kering hingga bengkak. Masalah ini harus segera diatasi dengan membuat air mata buatan yang didapatkan dari obat tetes mata. Selain itu pasien juga harus bisa menghindari faktor yang menyebabkan iritasi tersebut. Misalnya jika mengalami iritasi karena mata terkena debu, maka sebaiknya rutin menggunakan kacamata dan menghindari area berdebu. Begitu juga ketika alergi dengan bulu kucing, maka sebaiknya hindari bulu tersebut dan selalu jaga kebersihan mata.
  • Reaksi Alergi
    Alergi pada mata juga sering terjadi pada beberapa orang. Bisa berupa alergi debu, alergi makanan yang menyerang bagian mata dan masih banyak lagi. Dokter yang memeriksa dan mengindikasi penyebab alergi akan memberikan obat antihistamin. Obat ini berupa obat tetes mata yang disertai dengan obat minum mengandung antihistamin. Kedua obat ini akan bekerja untuk mengatasi rasa gatal yang biasanya muncul dan meredakan bengkak. Jika gatal menyerang sebaiknya tidak menyentuh mata.
  • Peradangan pada Mata
    Alergi yang berlebihan atau terlambat memberikan obat antihistamin juga perlu penanganan dokter lebih lanjut. Obat tetes mata yang terdapat di toko biasa (obat warung) biasanya tidak akan cukup untuk mengatasinya. Dokter akan memberikan resep obat tetes mata khusus, obat alergi dan beberapa obat oral yang lainnya. Hindari menggunakan obat sembarangan yang bisa membuat kondisi mata semakin parah.

Obat tetes mata sebaiknya tidak digunakan pada mata bengkak akibat benturan benda tumpul. Termasuk juga peradangan pada mata akibat dari infeksi virus dan bakteri. Mengatasi mata yang terkena cedera bisa dengan cara mengompresnya dan minum obat pereda nyeri. Sedangkan mata yang bengkak karena peradangan harus menggunakan obat krim khusus dan obat oral. Dengan begitu penyembuhan mata akibat virus dan bakteri akan jauh lebih cepat.

Segera Ke Dokter Jika Tidak Yakin Dengan Kondisi Mata

Sudah tahu kan apakah obat tetes mata dapat menyembuhkan mata bengkak atau tidak? Apabila mengalami mata bengkak dan penderita tidak mengetahui penyebabnya, sebaiknya datang langsung ke dokter. Jangan sembarangan membeli obat tetes mata yang belum tentu bisa mengatasinya. Justru dengan sembarangan membeli dan menggunakan obat tanpa anjuran dokter malah beresiko bisa memperparah kondisi mata.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *