Connect with us

Kesehatan

Bagaimana Cara Mengatasi Telinga Budek Sebelah?

Published

on

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Pada Telinga Yang Budek Sebelah
Photo Credit: alodokter.com

Sering mengalami masalah pendengaran pada salah satu telinga? Hal ini bisa terjadi pada siapa saja, lalu bagaimana cara mengatasi telinga budek sebelah? Penting untuk mengetahui solusinya karena telinga yang tersumbat dapat mengganggu aktivitas harian.

Hal ini bisa diperparah dengan munculnya rasa pusing, nyeri sehingga gangguan keseimbangan. Supaya tidak semakin parah, sebaiknya ambil langkah tindakan mandiri untuk mengatasinya sebelum pergi ke dokter.

Bagaimana Cara Mengatasi Telinga Budek Sebelah? Ini 5 Solusinya

Penyebab salah satu telinga tersumbat atau yang kerap dikenal dengan budek ini bisa beragam. Mulai dari penumpukan kotoran karena jarang dibersihkan, masuknya air ke dalam telinga dan infeksi sinus. Jika penyebabnya adalah infeksi atau bakteri maka akan lebih baik untuk pergi ke dokter dan mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Namun jika penyebabnya karena perubahan ketinggian dan masuknya air maka beberapa cara berikut ini bisa dilakukan terlebih dahulu.

Meneteskan Minyak Esensial

Ada beragam minyak esensial yang dapat digunakan untuk mengatasi telinga tersumbat seperti minyak zaitun dan minyak kelapa. Minyak ini akan mengangkat kotoran kering di dalam lubang telinga dengan lebih baik.

Cara menggunakannya, miringkan terlebih dahulu kepala supaya minyak mudah diteteskan. Baru teteskan minyak esensial yang sebelumnya sudah dipanaskan dan tunggu 10 hingga 15 detik. Kembali tegakkan kepala dan ambil kotoran yang sudah melunak.

Menghirup Uap Air Panas

Kotoran pada telinga juga bisa dibersihkan menggunakan uap air panas. Bagian yang digunakan untuk menghirup adalah hidung sehingga akan membuat kotoran mulai melunak dari bagian dalam tubuh.

Pertama tinggal panaskan dulu air di dalam panci, jika sudah mendidih matikan dan tunggu sehingga uap tidak terlalu panas dan membuat wajah melepuh. Setelah beberapa menit tinggal hirup saja uap air dengan napas yang dalam. Ulangi hampir setiap hari untuk mendapatkan hasilnya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Halaman: 1 2

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *