Connect with us

Destinasi

Seru! Menparekraf Ikut Menumbuk Tipa-Tipa Bersama Kaum Ibu Desa Wisata Hariara Pohan Samosir

Published

on

foto:istimewa

Samosir, Bindo.id – Seru! Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno ikut membantu inang-inang atau ibu-ibu dari Desa Wisata Hariara Pohan, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, menumbuk tipa-tipa.

Di sela kunjungannya di Desa Wisata Hariara Pohan, Kamis (20/7/2023), Menparekraf Sandiaga bersama konten kreator Arief Muhammad atau lebih dikenal dengan julukan Mak Beti singgah ke sentra pembuatan tipa-tipa.

Tipa-tipa adalah camilan yang berbahan dasar padi muda yang telah dijemur selama 2-3 hari lalu digongseng dan langsung ditumbuk dalam keadaan panas.

“Wah ibu-ibu lagi bikin apa ini? Saya boleh ikut bantu numbuk ya Bu,” kata Sandiaga.

“Silakan Pak, ini namanya tipa-tipa. Serealnya orang Batak,” kata salah seorang ibu.

Sandiaga bersama Mak Beti pun ikut serta membantu menumbuk tipa-tipa yang sudah digongseng oleh para ibu itu.

Tipa-tipa merupakan salah satu kuliner unggulan dari Desa Wisata Hariara Pohan yang terpilih menjadi salah satu dari 75 desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Dalam kunjungannya, Menparekraf Sandiaga didampingi Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto; dan Direktur Pemasaran Pariwisata BPODT, Wahyu Dito Galih Indharto.

Turut hadir pula Bupati Samosir, Vandiko Gultom, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatra Utara, Zumri Sulthony; dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir, Tetty Naibaho. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Jumlah Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Sepanjang Januari-September 2023 Tembus 8,5 Juta