Connect with us

Bisnis

Sepeda Bambu Jokowi, Produk Lokal Yang Berhasil Mendapat Penghargaan Internasional

Published

on

Jokowi naik sepeda bambu [mongabay]
Jokowi naik sepeda bambu [mongabay]

Jakarta, Bindo.id – Presiden Jokowi sempat mengunggah video dirinya sedang naik sepeda yang terbuat dari bambu. Sepeda tersebut merupakan produk dalam negeri. Sepeda bambu tersebut telah berhasil mendapat penghargaan internasional.

“Siapa tak mengenal tanaman bambu? Ini jenis tumbuhan yang paling mudah ditemui di seantero Indonesia,” tulisan Jokowi pada unggahan videonya, Minggu (14/5/2023).

Tanaman bambu memiliki banyak kegunaan diantaranya dipakai untuk bahan bangunan yaitu sebagai tiang, dinding, dan atap. Selain itu juga dapat digunakan untuk alat musik, transportasi tradisional, bahkan jadi makanan.

Dalam video tersebut tampak dirinya sedang menaiki sepeda bambu. Sepeda bambu tersebut merupakan karya dari founder Spegadi Singgih Susilo Kartono. Singgih merupakan seorang desainer produk yang berasal dari desa.

“Bahkan kini, di tangan Singgih Susilo Kartono, seorang desainer produk yang bekerja di desa, bambu menjadi sepeda – tepatnya rangka utama sepeda,” tuturnya.

Rancangan Spegadi, sepeda bambu tersebut telah berhasil memperoleh penghargaan internasional desain produk. Jokowi mengaku bahwa dirinya sudah memakai sepeda bambu tersebut. Jokowi berpendapat sebuah produk akan menjadi nilai tambah dan berkualitas apabilah diolah dengan benar serta melalui riset yang terukur.

“Diolah dengan pengawasan mutu yang ketat, sepeda-sepeda bambu pun kini bisa dikayuh di jalan-jalan,” tuturnya.

Hal ini dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehat dan berkelas.

“Begitulah. Dengan desain dan kemasan yang baik, kualitas pengolahan yang benar, riset yang terukur, sebuah produk akan mendapatkan nilai tambah yang berlipat ganda,” ujarnya.

Salah satu contohnya yaitu Spegadi karya anak bangsa sendiri.

Awal munculnya ide sepeda bambu

Singgih menjelaskan awal munculnya ide untuk membuat sepeda bambu. Ide tersebut muncul saat dirinya terkena kolesterol tinggi serta mencari solusi agar dirinya dapat sembuh. Sebelumnya dia tak pernah kepikiran untuk merancang sepeda.

Baca Juga  Alasan Pemerintah Berikan Bansos 10 Kg, Ini Kata Jokowi

“Saya pernah kena kolesterol tinggi, terus saya pikir gimana ya caranya, saya temukan salah satu caranya dengan olahraga sepeda,” tuturnya.

Profesinya sebagai desainer produk, membuatnya tertarik dengan produk sepeda. Menurutnya, sepeda adalah produk sederhana namun asyik. Sebab sepeda dapat membawanya pergi jauh. Singgih menuturkan saat dirinya mengetahui bahwa bambu ada di mana-mana. Dari situlah dirinya berniat untuk membuat sepeda.

“Keseharian saya bekerja dengan handycraft ini membuat saya memutuskan untuk membuat sepeda,” tuturnya.

Singgih menuturkan material bambu memang masih dinilai lemah. Namun dia berpendapat teknologi sederhana akan bernilai baik apabila diterapkan dengan memakai standar yang baik. Dirinya ingin membuktikan bahwa Meterial bambu yang dianggap lemah, dianggap murah, dianggap mudah rusak kini dapat menjadi produk yang ada nilai tambahnya.

“Jadi teknologi sederhana menjadi baik ketika kita menerapkan standar yang baik juga,” ujarnya.

Dia mengaku telah bertemu Jokowi di tahun 2020. Dirinya kemudian sengaja membuatkan sepeda untuk Jokowi.

“Tahun 2020 saya bertemu dengan Pak Jokowi dan beliau bilang desainnya kok bagus ya,” tuturnya, dilansir dari detikcom.

Jokowi mengatakan bahwa sepeda buatannya desainnya beda. Dia mengaku bahwa Jokowi menyukai produk buatannya. Dirinya mengaku bangga sebab sepedanya dipakai oleh Jokowi. Sepeda tersebut bahkan dipakai Jokowi saat menyambut tamu negara di Istana. Dia berpendapat Indonesia akan lebih maju apabila apresiasi pada produk lokal dan terus menerus tersebut dikembangkan.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion