Connect with us

Sports

Stadion Piala Dunia U-20 Berpotensi Dicoret Fifa, Ini Kata Erick Thohir

Published

on

Ilustrasi lapangan sepak bola [bola]
Ilustrasi lapangan sepak bola [bola]

Jakarta, Bindo.id – Ketua Umum PSSI Erick Thohir menuturkan stadion yang dipilih menjadi arena Piala Dunia U-20 2023 berpotensi dicoret oleh FIFA. Hal tersebut dia sampaikan usai mengadakan rapat bersama dengan perwakilan FIFA di GBK Arena, Jakarta, Senin (6/3).

Erick menyebutkan hasil dari diskusi yang sudah dilakukannya bersama FIFA. Erick mengungkapkan dari 6 lapangan pertandingan di masing-masing kota terdapat 4 lapangan yang akan diaudit ulang oleh FIFA.

“Ada empat lapangan yang akan diaudit ulang tanggal 21-27 Maret oleh FIFA,” tutur Erick.

Erick saat ini juga menjabat sebagai Ketua LOC atau panitia lokal Piala Dunia U-20 2023. Dirinya mengaku terkejut mendengar kabar tersebut. Pasalnya dalam diskusi tersebut ada catatan dari FIFA.

“FIFA berhak men-drop enam stadion lapangan pertandingan kalau memang tidak siap, menjadi empat lapangan,” ungkap Erick.

Selain itu, lapangan latihan juga dapat dikurangi. Dia mengungkapkan bahwa tak ada opsi pergantian. FIFA hanya memberikan opsi pencoretan dari enam stadion turun menjadi empat stadion.

Waktu yang tersisa jelang audit yang akan dilakukan oleh FIFA yaitu 15 hari. Erick menyebutkan pihaknya akan bergerak cepat agar dapat memenuhi persyaratan FIFA.

Namun dirinya tidak menjelaskan secara rinci stadion mana saja yang dianggap belum sesuai dengan kriteria. Dirinya berencana pada hari Sabtu, Minggu, dan Senin akan mengunjungi semua stadion.

“Saya juga akan meminta perwakilan dari kami LOC, FIFA, dan perwakilan pemerintah pusat serta daerah untuk turun bersama,” ungkapnya.

“Jangan sampai tanggal 21 Maret, tinggal 15 hari lagi bung, ada pihak-pihak yang menyalahkan ‘Ini PSSI enggak becus’,” ucapnya.

Dirinya ingin merajut ulang sebab masih ada waktu. Hal ini merupakan komitmen pemerintah pusat, daerah dan juga PSSI. Dia memastikan pihaknya tak akan mengganti tempat lain apabila FIFA menyatakan telah mencoret stadion untuk venue Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga  Jadwal Timnas Indonesia Vs Argentina dan Jadwal Penjualan Tiketnya

Prioritas PSSI yaitu membuat 6 stadion layak digunakan untuk mengadakan turnamen junior di tingkat dunia tersebut.

“[Prioritas] enam-enamnya. Jadi ini penting kerjasama kami dengan Pemda,” tuturnya.

Dirinya akan menelpon gubernur dan pemimpin daerah terlebih dulu sebelum melakukan kunjunga di hari Sabtu, Minggu, dan Senin.

Berikut ini adalah enam stadion yang akan digunakan untuk ajang Piala Dunia U-20 Tahun 2023 :

  • Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta)
  • Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang)
  • Stadion Si Jalak Harupat (Bandung)
  • Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya)
  • Stadion Manahan (Solo)
  • Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion