Connect with us

Teknologi

3 Rekomendasi Aplikasi Penghasil Uang Tambahan

Published

on

Ilustrasi rekomendasi aplikasi penghasil uang. Sumberfoto Pexels. Photographer: Karolina Grabowska
Ilustrasi rekomendasi aplikasi penghasil uang. Sumberfoto Pexels. Photographer: Karolina Grabowska

Rekomendasi aplikasi penghasil uang merupakan salah satu topik yang cukup banyak dicari dan ditanyakan. Hal ini terbukti dengan banyaknya penelusuran di mesin pencarian google terkait cara mendapatkan penghasilan dari aplikasi.

Kemajuan teknologi yang terlampau pesat memang memberikan dampak yang cukup besar terhadap pola kehidupan manusia. Salah satu bidang yang sangat pesat perubahannya adalah dalam hal mencari penghasilan atau bekerja.

Sebelum tahun 2000an untuk mendapatkan penghasilan selalu identik dengan bekerja atau aktivitas di luar rumah. Seperti; pergi ke kantor, mencari tempat strategis untuk membuka usaha, berkeliling kompleks untuk menjajakan dagangan, dan lain sebagainya.

Namun, pada zaman teknologi seperti ini hampir sebagian besar pekerjaan yang biasanya dikerjakan di luar rumah dialihkan menjadi pekerjaan rumahan.

Contoh: berjualan online, menjadi penulis lepas, menjadi guru les virtual, bahkan pekerjaan yang terkait dengan urusan kesehatan pun bisa dilakukan secara online. Seperti; konsultasi kesehatan, konsultasi kandungan, dll.

Aplikasi Penghasil Uang

Dari uraian di atas dapat ditarik garis simpul bahwa banyak kesempatan yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi penghasil uang yang terbukti cair. Bahkan sebagian besar pengguna memanfaatkan aplikasi penghasil uang ini sebagai sumber penghasilan utama.

Tiktok

Rekomendasi penghasil uang pertama adalah Tiktok. Hampir semua pekerjaan tercakup di dalam aplikasi ini. Untuk para pedagang yang budget-nya minimalis dan hanya cukup untuk membeli dagangan dapat berjualan di TiktokShop.

Sedangkan untuk anak muda atau ibu rumah tangga yang tidak punya modal usaha bisa bergabung dalam affiliate. Secara sederhana cara kerja affilate mirip calo. Kita menawarkan barang orang lain ke target sasaran, ketika ada berhasil membeli maka kita akan mendapatkan komisi.

Baca Juga  Suami Seleb TikTok Yang Maki Siswi Magang Di Probolinggo Kini Dicopot Dari Jabatannya Dan Jalani Sidang Kode Etik

Affiliate pun begitu. Tugas affiliator hanya menyebar link yang tertaut dengan produk penjual. Ketika ada orang membeli dagangan lewat link dari kita, maka secara otomatis affiliator akan mendapatkan penghasilan sesuai dengan kesepakatan.

Setiap penjual memiliki perhitungan yang berbeda-beda terkait komisi yang diberikan kepada affiliator. Ada yang sistem presentase dari harga barang, ada yang langsung menentukan jumlah.

Namun, peraturan terbaru untuk affiliate yang baru gabung kabar ini cukup ramai dan menyita perhatian banyak affiliator, khususnya yang baru akan bergabung. Aturan tersebut yaitu setiap akun yang akan daftar affiliate harus melewati masa percobaan selama 28 hari, setelah lulus percobaan link baru bisa ditautkan.

Cara mendapatkan uang dari Tiktok yang selanjutnya adalah menjadi content creator sekaligus influencer. Tahapan ini tergolong agak susah. Tapi bukan berarti mustahil. Poin penting yang perlu dipersiapkan sebelum membuat konten adalah menentukan tema yang berkualitas serta diprediksi membuat orang tertarik untuk menontonnya.

Setelah memiliki banyak followers barulah kita mencari uang tambahan lewat jalur influencer dan juga monetisasi. Syarat untuk monetisasi Tiktok kurang lebih harus memiliki pengikut sekitar 10.000.

Aplikasi Fizzo

Cara mendapatkan uang dari internet berikutnya adalah aplikasi Fizzo. Para pecinta novel mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi Fizzo. Selain memberikan ruang kepada penulis untuk mendapatkan penghasilan, aplikasi fizzo juga memberikan kesempatan kepada pembaca agar bisa menghasilkan cuan dari membaca.

Sebagai penulis terdapat dua cara agar bisa menghasilkan. Pertama kontrak eksklusif dan kedua kontrak non eksklusif. Maksud dari kontrak eksklusif adalah setelah novel diunggah maka sepenuhnya akan menjadi hak miliknya Fizzo. Keuntungan yang didapatkan adalah bisa mendapatkan gaji bulan.

Baca Juga  Program Jalin Nusantara, Kolaborasi Kemenparekraf dan TikTok untuk Kembangkan UMKM

Tentunya dengan beberapa syarat yang telah ditentukan oleh Fizzo. Seperti; tidak absen selama tiga kali berturut-turut, harus menyelesaikan bab yang telah disepakati ketika tanda tangan, dan lain sebagainya.

Untuk penulis pemula yang masih susah mencari pembaca dan sanggup menulis sesuai syarat-syarat yang ditentukan disarankan untuk memilih kontrak eksklusif. Sedangkan kontrak non eklusif adalah, penulis masih memiliki hak tentang buku tersebut. Jadi buku atau novel tersebut dapat di upload dibeberapa aplikasi yang berbeda.

Dampak positifnya, apalagi yang memiliki pembaca bejibun bisa mendapatkan penghasilan tapi tanpa tertekan dengan aturan-aturan yang bersifat mengikat. Seperti upload daily, dan lain sebagainya. Menariknya lagi ketika ada peningkatan jumlah pembaca, secara otomatis penghasilan juga akan meningkat.

Kekurangannya, ketika tidak ada yang membaca tulisan kita, sebagus apapun tulisan yang kita buat tidak akan memberikan penghasilan sepeserpun.

Shortnovel

Shortnovel adalah aplikasi menulis dan membaca yang baru lahir pada tahun 2023 ini. Aplikasi ini cocok untuk penulis yang suka menulis cerita dengan kata yang sedikit. Seperti novellet.

Syarat menulis di aplikasi ini adalah minimal 7000 kata dan maksimal 30.000 kata. Mangsa pasarnya memang berfokus pada cerita pendek. Sama seperti Fizzo aplikasi ini juga memberikan dua pilihan kontrak. Yaitu eksklusif dan non eksklusif.

Untuk eksklusif sistemnya hampir sama dengan Fizzo. Namun ada perbedaan pada kontrak eksklusifnya. Agar bisa mendapatkan kontrak eksklusif penulis harus meng-upload 10 cerpen dengan ketentuan minimal 7000 kata dan maksimal 30.000 kata. Setelah itu akan dilakukan kurasi oleh editor untuk menentukan level penulis. Apakah masuk ke dalam golongan penulis A, penulis B, atau penulis S.

Penulis level S maksudnya adalah karya sangat bagus. Baik dari sisi alur, tema, pengemasan cerita, penggunaan bahasa, dan kerapian tulisan. Penulis level A, artinya adalah memiliki cerita yang menarik dengan alur yang bagus tetapi levelnya masih di bawah S. Level B, adalah level terendah. Karyanya bagus tetapi banyak typo atau tidak rapi.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan uangnya? Selain level kualitas tulisan Shortnovel juga memberikan level berdasarkan jumlah pendapatkan yang ingin dicapai penulis.

Baca Juga  Pakar Ekonomi Digital Ingatkan Tentang Potensi Pelanggaran Ini Saat TikTok Shop Hadir Lagi Di Indonesia

Penulis level 1

Syarat agar bisa mendapatkan gaji bulanan pada level ini adalah memiliki 800 penggemar dan setiap bulan harus menyetorkan 2 cerpen dengan ketentuan yang telah dijelaskan diatas. Fee yang akan didapatkan penulis adalah $200. Dan level kontennya terkategori S.

Penulis level 2

Syarat yang harus dipenuhi adalah memiliki 1600 penggemar. Setiap bulan setor 4 cerpen. Fee yang akan didapatkan $400. Dengan level konten S.

Penulis level 3

Ketentuan dan persyaratannya adalah memiliki 3000 penggemar. Setiap bulan setor 5 cerpen. Fee yang didapatkan setiap bulannya adalah $700. Dengan syarat level S.

Itulah rekomendasi aplikasi penghasil uang yang bisa dicoba.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion