Connect with us

Peristiwa

Penyelamatan 9 Penumpang KM LCT Bahana Putra yang Tenggelam di Perairan Pulau Mayau Batang Dua

Published

on

foto:istimewa/puspenTNI

Jakarta, Bindo.id – Tim penyelamatan gabungan dari TNI yang sedang melaksanakan operasi SAR berhasil menyelamatkan 9 penumpang yang selamat setelah KM. LCT Bahana Putra tenggelam di perairan Pulau Mayau Batang Dua Kota Ternate.

Namun, sayangnya, satu orang penumpang masih belum ditemukan dan dinyatakan hilang.

Demikian disampaikan Kapuspen TNI Laksda TNI Julius Widjojono di Jakarta, Senin (26/06/2023). “Dari 10 orang penumpang 9 orang berhasil dievakuasi, 1 orang dinyatakan meninggal dunia, sementara 1 orang lagi hilang,” jelas Kapuspen TNI.

Pada hari Senin 19 Juni, sebuah kapal penumpang dengan 10 orang di dalamnya yang sedang berlayar dari Manokwari menuju Bitung, Sulawesi Utara, mengalami kecelakaan dan tenggelam di perairan Pulau Batang Dua.

Dalam kecelakaan tersebut, Nahkoda kapal yang bernama Buchari Sahafin berusia 66 tahun dinyatakan meninggal dunia, sementara seorang penumpang bernama Yokzafil Novsan yang berusia 23 tahun dinyatakan hilang.

Kapuspen TNI menyatakan bahwa upaya pencarian korban di KM LCT Bahana Putra telah memasuki hari ke-7.

Menurut Undang-Undang Basarnas, ini adalah waktu maksimal yang diberikan untuk proses pencarian. Pihak berwenang telah berkoordinasi dengan kapal dan keluarga korban.

“Mereka mengikhlaskan dan mengucapkan terimakasih kepada Tim SAR gabungan TNI yang telah bekerja secara maksimal,” tambah Kapuspen TNI.

Dalam upaya pencarian, digunakan berbagai alat utama dan peralatan SAR, termasuk KNP 4004 KUPP Tobelo, perahu panjang yang dimiliki oleh masyarakat, Palsar evakuasi, tim medis, alat komunikasi, dan alat selam Palsar Laut.

Selain itu, terlibat unsur-unsur seperti 5 anggota KPP Ternate, 5 anggota USS Morotai, 1 regu Lanal Morotai, 1 regu Lanal Ternate, 4 personel Kodim 1501/Ternate, 4 personel Kodim 1508/Tobelo, 1 regu Ditpolairud Polda Malut, 5 anggota Polres Halut, 5 anggota KSOP Ternate, 5 anggota KUPP Tobelo, 4 anggota KUPP Morotai, serta masyarakat sekitar dan keluarga korban. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Mahir Bertempur Jarak Dekat dan Terjun Tempur, Elemen Penting Pasukan Khusus