Connect with us

Peristiwa

Longsor di Bogor Sebabkan Rel Menggantung dan Keberangkatan Kereta ke Sukabumi Dibatalkan

Published

on

Rel kereta api menggantung [tribunnews]
Rel kereta api menggantung [tribunnews]

Bogor, Bindo.id – Bencana tanah longsor melanda Kelurahan Empang, Kota Bogor. Longsor ini menyebabkan menggantungnya rel kereta api. Buntut dari bencana longsor ini perjalanan Kereta Api Pangrango lintas Bogor-Sukabumi terpaksa dibatalkan.

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa megatakan PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf terkait gangguan operasional perjalanan KA Pangrango lintas Bogor – Sukabumi, Rabu (15/3/2023).

“Dampak longsor yang terjadi di area jalur rel KM 2+6/7 antara Stasiun Paledang dan Batu Tulis,” ujar Eva.

Eva menyebutkan bahwa hari ini perjalanan kereta Pangrango dibatalkan. Para penumpang dapat melakukan proses pembatalan tiket dan memperoleh biaya penggantian sebesar 100 persen di Stasiun Bogor/Paledang dan Sukabumi dan stasiun lainnya.

“Untuk hari ini Rabu (15/3) seluruh perjalanan KA Pangrango lintas Bogor – Sukabumi (PP) dibatalkan,” ucapnya.

Pihaknya memberikan waktu selama 7 hari untuk melakukan proses pembatalan. Sementara waktu calon pengguna yang terkena dampak pembatalan perjalanan Kereta Api Pangrango bisa memakai moda transportasi lain.

Eva menuturkan KAI terus berusaha untuk mengadakan perbaikan rel kereta yang terkena dampak longsor ini. Masyarakat yang memerlukan informasi tentang perjalanan Kereta Api Pangrango dan Proses Pembatalan Tiket bisa menghubungi Contact Center KAI. Nomor telepon Contact Center KAI di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial @KAI121.

Longsor di Bogor Sebabkan Rel Kereta Api Menggantung

Tebing yang tingginya 20 meter di Kelurahan Empang, Kota Bogor mengalami longsor. Akibat longsor ini telah menimbun 13 orang di 5 rumah. Selain itu, dampak longsor menyebabkan rel kereta api Bogor-Sukabumi ‘menggantung’.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Bismo Teguh Prakoso menuturkan bahwa longsor menyebabkan rel kereta api menggantung. Pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan bagian Dalops kereta api agar mulai hari ini area rel kereta api yang menggantung tersebut tak dipakai sebagai jalur aktivitas, Rabu (15/3/2023).

Baca Juga  Kedatangan Penumpang KA di Daop 1 Jakarta Lebih Tinggi 42 % daripada yang Berangkat, Ini Rinciannya!

Dilansir dari detikcom di lokasi, terlihat rel kereta api yang menggantung. Tanah yang berada di bawah rel longsor dan menyebabkan 5 rumah warga tertimbun longsor. Rel kereta api menggantung sepanjang 20 meter akibat peristiwa ini.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion