Connect with us

Peristiwa

BMKG Jelaskan Fenomena Bulan Bintang Di Sejumlah Daerah di Indonesia

Published

on

Fenomena Bulan Sabit bersanding Bintang, Jum'at (24/3/2023) [arasynews]
Fenomena Bulan Sabit bersanding Bintang, Jum'at (24/3/2023) [arasynews]

Medan, Bindo.id – Fenomena yang jarang terjadi tampak di langit Indonesia, 24 Maret 2023. Fenomena langka tersebut adalah tampak bulan yang bersanding dengan bintang. Fenomena ini salah satunya tampak terlihat di langit wilayah Medan.

Warga Medan turut mengabadikan fenomena bulan sabit dan bintang yang terlihat di langit tersebut. Bulan ini terlihat menjelang waktu berbuka puasa. Dari pantauan, terlihat bulan sabit yang ukurannya cukup besar bersanding dengan bintang yang tampak cukup jelas.

Banyak warga yang memperhatikan momen ini. Sejumlah warga mengaitkannya dengan momen bulan suci Ramadhan. Tak heran jika di media sosial bertebaran unggahan fenomena ini.

“Cantik kali langitnya, ada bulan sama bintang juga,” tutur Nisa, Jum’at (24/3/2023). Dilansir dari detikSumut, Nisa merupakan salah seorang warga.

BMKG menerangkan fenomena ini disebabkan ada peristiwa konjungsi yang terjadi antara bumi, matahari, dan planet.

“Malam ini pada 24 Maret 2023 terjadi sebuah fenomena langit, yaitu terjadinya konjungsi antara Venus dan bulan sabit,” jelas Analis Gempa Bumi BBMKG Wilayah I Medan Hanif Zarkasi, Jumat (24/3/2023).

Fenomena konjungsi yaitu sebuah fenomena yang terjadi saat bumi, matahari, dan planet berada pada satu garis lurus, sejajar, atau tampak berdekatan jika diamati dari permukaan Bumi. Hanif menuturkan fenomena ini bisa terjadi beberapa kali dalam satu tahun. Fenomena ini juga tak menimbulkan efek bahaya.

“Fenomena berupa konjungsi benda langit ini bisa terjadi beberapa kali dalam setahun dan tidak berefek apapun terhadap Bumi, seperti potensi bahaya tsunami atau gempa bumi,” jelasnya.

Selain itu, fenomena astronomis lainnya juga tidak akan terjadi

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *