Connect with us

Info Regional

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1444 H Dari Hasil Sidang Isbat Kamis 23 Maret 2023

Published

on

Hasil sidang isbat 1 Ramadhan 1444 H [tribunnews]
Hasil sidang isbat 1 Ramadhan 1444 H [tribunnews]

Jakarta, Bindo.id – Pemerintah secara resmi telah menetapkan 1 Ramadhan 1444 H pada Kamis, 23 Maret 2022. 1 Ramadhan 1444 H ini menjadi tanda mulainya puasa Ramadhan.

Berdasarkan hasil sidang Isbat yang digelar oleh Kementerian Agama dan beberapa organisasi masyarakat Islam memutuskan 1 Ramadhan 1444 H jatuh pada Hari Kamis, 23 Maret 2023. Sidang ini digelar pada hari Rabu (22/3/2023) sore. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memimpin rapat sidang isbat tahun ini.

“Secara mufakat 1 Ramadhan 1444 H jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023,” tutur Yaqut.

Kemenag menerangkan bahwa sidang Isbat dengan pertimbangan yang diperoleh dari informasi awal sesuai dengan hasil perhitungan secara astronomis (hisab). Selain itu juga berdasarkan hasil konfirmasi lapangan dengan memakai mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Sesuai dengan hasil pemantauan hilal pada 124 lokasi titik, Yaqut menerangkan ada hilal yang terlihat dan ada juga yang tidak. Hilal tampak di Jakarta, Jawa Timur (Gresik, Lamongan), Makassar.

Sedangkan di Medan, Palembang tak tampak disebabkan cuaca mendung. Sehingga 1 Ramadhan 1444H ditetapkan hari Kamis, 23 Maret 2023. Peserta yang dilibatkan dalam sidang ini berasal dari berbagai lembaga.

Dilansir dari kompas.com, Lembaga yang terlibat diantaranya Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam. Pada sidang ini juga turut melibatkan perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan sebagainya.

Segenap Tim Bindo.id mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga amalan kita diterima Allah SWT. Aamiin.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Indonesia Dapat Tambahan 20 Ribu Kuota Haji, Menag Yaqut Sebut ini Kabar Gembira Sekaligus Tantangan