Connect with us

Transportasi

Angkutan Barang KAI Tumbuh 3% hingga Mei 2025, Siap Sambut Kebijakan Zero ODOL

Published

on

Foto istimewa/KAI

JAKARTA (Bindo.id) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatatkan pertumbuhan volume angkutan barang sebesar 3% selama Januari–Mei 2025, dengan total mencapai 27,73 juta ton.

Capaian ini mempertegas peran strategis KAI dalam mendukung efisiensi logistik nasional dan menjadi bagian dari solusi menjelang penerapan penuh kebijakan Zero Over Dimension Over Loading (ODOL) pada 2026.

“Peningkatan volume angkutan ini menegaskan peran strategis KAI dalam mendukung ketahanan energi nasional, efisiensi distribusi logistik, serta pembangunan ekonomi daerah,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba pada keterangan resminya, Ahad (8/6/2025).

Untuk memperkuat peran tersebut, KAI telah menyusun proyeksi pertumbuhan dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) hingga 2029, di mana total volume angkutan batu bara ditargetkan mencapai 111,2 juta ton, dan komoditas non-batu bara sebesar 10,9 juta ton.

Kata Anne, kawasan Sumatera bagian selatan diperkirakan menjadi kontributor utama dengan potensi tambahan volume sebesar 27,8 juta ton, sementara pengembangan Terminal Tarahan II ditargetkan menyerap hingga 18 juta ton.

Selain itu, ekspansi fasilitas operasional di Kertapati juga diproyeksikan memberikan kontribusi tambahan sebesar 7 juta ton, sehingga secara keseluruhan, pertumbuhan angkutan barang KAI diproyeksikan meningkat hingga 15% pada tahun 2029.

“Pertumbuhan ini didukung oleh sejumlah keunggulan moda kereta api dibanding angkutan jalan raya, terutama dalam konteks kebijakan ODOL. Dari sisi kapasitas, kereta api mampu mengangkut muatan dalam skala besar secara efisien. Di Pulau Jawa, satu rangkaian kereta barang dapat membawa hingga 30 gerbong datar, masing-masing berkapasitas 42 ton. Sementara di Sumatera Selatan, efisiensi lebih maksimal dengan satu rangkaian kereta batu bara yang mampu menarik hingga 61 gerbong dalam satu perjalanan,” tambah Anne.

Baca Juga  KAI Group Melayani hingga 10.966.617 Penumpang di Masa Angkutan Nataru Tahun Ini

Keunggulan lainnya adalah ketepatan waktu. Kereta api beroperasi berdasarkan jadwal yang pasti dan melintas di jalur khusus rel, sehingga bebas dari hambatan lalu lintas yang kerap mempengaruhi moda transportasi jalan raya.

Menurut Anne, hal tersebut memberikan kepastian waktu tempuh bagi para pelanggan, khususnya pelaku industri yang sangat bergantung pada keandalan pengiriman barang dalam menjaga stabilitas rantai pasok.

“KAI juga menempatkan standar tinggi dalam aspek keselamatan dan keandalan layanan. Seluruh operasional dijalankan oleh sumber daya manusia bersertifikat dari Kementerian Perhubungan, didukung dengan inspeksi berkala terhadap sarana dan prasarana. Jalur rel yang eksklusif turut meminimalkan potensi gangguan dari luar, termasuk pungutan liar yang masih menjadi kendala dalam sistem logistik berbasis jalan raya,” kata Anne.

Tren positif kinerja angkutan barang semakin terlihat pada capaian Mei 2025, di mana KAI membukukan volume sebesar 6.102.072 ton, naik 1,7% dibandingkan Mei 2024 yang mencapai 6.000.604 ton. Dari keseluruhan angkutan selama lima bulan pertama, batu bara masih mendominasi dengan kontribusi 23.010.266 ton, atau 82,97% dari total volume. Komoditas ini menjadi tulang punggung dalam mendukung pasokan pembangkit listrik, sekaligus memperkuat ketahanan energi nasional.

Tak hanya itu, pertumbuhan signifikan juga tercermin pada komoditas pupuk. Selama Januari hingga Mei 2025, KAI mencatat angkutan pupuk sebesar 13.230 ton, meningkat tajam hingga 94% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 6.810 ton.

Secara khusus, pada bulan Mei 2025 saja, volume pupuk yang diangkut mencapai 4.110 ton, naik 26,85% dibandingkan 3.240 ton pada Mei 2024. Peningkatan ini menjadi bagian penting dari dukungan KAI terhadap agenda ketahanan pangan nasional, melalui optimalisasi pengiriman pupuk ke sentra-sentra pertanian.

Baca Juga  KAI Layani 218 Ribu Penumpang pada Puncak Arus Balik Mudik, KA Ini Paling Diminati!

Sementara itu, layanan logistik retail seperti Barang Hantaran Paket (BHP) dan Parcel juga menunjukkan kinerja positif. Volume pengiriman melalui komoditi ini tercatat sebesar 97.889 ton sepanjang Januari–Mei 2025, tumbuh 16% dari capaian tahun sebelumnya yang berjumlah 84.391 ton. Lonjakan ini mengindikasikan meningkatnya kepercayaan masyarakat, khususnya pelaku UMKM, terhadap layanan logistik kereta api yang terbukti cepat, aman, dan kompetitif untuk pengiriman antarwilayah.

“Dengan capaian kinerja yang solid dan kesiapan menghadapi implementasi penuh kebijakan Zero ODOL 2026, KAI akan terus memperkuat peran sebagai enabler logistik nasional yang andal untuk mendorong distribusi energi, pangan, dan komoditas strategis secara merata hingga ke pelosok negeri,” tutup Anne.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
YouTube, dan Dailymotion