Connect with us

Transportasi

KAI Layani 218 Ribu Penumpang pada Puncak Arus Balik Mudik, KA Ini Paling Diminati!

Published

on

JAKARTA (Bindo.id) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat puncak arus balik Lebaran 2024 terjadi pada Ahad (14/4) dengan jumlah penumpang KA jarak jauh sebanyak 218.579 penumpang. 

Rinciannya, 144.145 penumpang kelas ekonomi, 63.620 penumpang kelas eksekutif, 9.968 penumpang kelas bisnis, 762 penumpang kelas luxury, dan 84 penumpang kelas compartment suite.

Untuk melayani penumpang pada puncak arus balik Lebaran ini, KAI mengoperasikan 256 KA jarak jauh. Adapun relasi favorit pelanggan KA Jarak Jauh pada puncak arus balik tersebut yaitu Surabaya – Jakarta, Yogyakarta – Jakarta, Malang – Jakarta, Blitar – Jakarta, Surabaya – Bandung, dan lainnya.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, tren arus balik sudah terlihat sejak Jumat (12/4) dimana terdapat 214.284 penumpang KA jarak jauh dan pada Sabtu (13/4) sebanyak 215.722 penumpang.

KAI memprediksi puncak arus balik masih terjadi pada Senin (15/4) dimana saat ini tiket KA jarak jauh yang terjual sebanyak 193.595 tiket. Jumlah ini masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh pelanggan karena telah mempercayakan perjalanan di masa libur Lebaran ini kepada KAI. Seluruh pelanggan juga tertib dan menikmati layanan KAI selama perjalanan,” kata Joni.

KAI menetapkan masa angkutan Lebaran 2024 adalah tanggal 31 Maret (H-10) s.d 21 April 2024 (H+10). Berdasarkan pantauan data pada Senin (15/4), tiket KA Jarak Jauh yang sudah dibeli pada periode tersebut adalah sebanyak 3.313.671 tiket.

KA-KA Jarak Jauh favorit untuk periode Angkutan Lebaran sebagai berikut:
1. KA Airlangga relasi Pasarsenen – Surabaya Pasar Turi (PP) 
2. KA Joglosemarkerto relasi melingkar Jawa Tengah 
3. KA Pasundan relasi Kiaracondong – Surabaya Gubeng (PP)
4. KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan – Ketapang (PP)
5. KA Bengawan relasi Pasarsenen – Purwosari (PP) 
6. KA Kahuripan relasi Kiaracondong – Blitar (PP) 
7. KA Jayakarta relasi Pasarsenen – Surabaya Gubeng (PP) 
8. KA Matarmaja relasi Pasarsenen – Malang (PP) 
9. KA Kertajaya relasi Pasarsenenen – Surabaya Pasarturi (PP) 
10. KA Serayu relasi Pasarsenen – Purwokerto (PP)

Baca Juga  Musim Angkutan Lebaran KAI Sediakan 1.222.090 Kursi Kereta Api

KAI mengimbau kepada seluruh pelanggan agar mengalokasikan waktu yang cukup saat menuju stasiun keberangkatan. Hal ini sebagai upaya menghindari kemungkinan ketinggalan kereta api. 

“Mengingat kepadatan jalan raya yang cenderung meningkat di momen Lebaran. Kami mengingatkan agar pelanggan tetap dapat menggunakan kereta api sebagai moda transportasi andalan dengan mengatur waktu keberangkatan dari kediaman menuju stasiun keberangkatan,” kata Joni.

Kami juga mengingatkan lagi aturan bagasi. Pelanggan diperbolehkan membawa bagasi tanpa dikenakan bea dengan berat maksimum 20 kg dan volume maksimum 100 dm3 dengan dimensi maksimal 70 x 48 x 30 cm dan sebanyak-banyaknya terdiri dari 4 koli (item bagasi).

“KAI berkomitmen untuk mewujudkan “Mudik Ceria Penuh Makna” pada masa angkutan Lebaran 2024,” tutup Joni.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion