Connect with us

Transportasi

Diskon Tarif Tol 20 Persen Saat Arus Balik Lebaran 2024, Ini Jadwalnya

Published

on

Ilustrasi jalan tol [ipol]

Jakarta, Bindo.id – PT Jasa Marga (Persero) Tbk memberi diskon pada tarif tol sebanyak 20 persen di momentum arus balik Lebaran 2024.

Potongan tarif tol ini diberikan bagi pemudik yang melewati Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang, Jawa Tengah menuju ke Jakarta.

“Jasa Marga akan kembali berlakukan potongan tarif tol 20 persen untuk Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang Menuju Jakarta pada periode arus balik pada Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB,” ujar Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani, Kamis (11/4/2024).

Kata Faiza, pemberlakuan potongan tarif tol untuk mendistribusikan lalu lintas, supaya tak terkonsentrasi di satu waktu. 

Jasa Marga melakukan prediksi pergerakan arus balik akan mulai meningkat di H+2 hingga H+4 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau pada hari Sabtu, 13 April 2024 hingga Senin, 15 April 2024.

Kata Faiza, potongan tarif tol ini hanya berlaku untuk perjalanan menerus, untuk pengguna jalan yang melakukan tap in dari GT Kalikangkung serta melakukan tap out di GT Cikampek Utama.

“Bagi masyarakat yang masih memiliki kelonggaran waktu untuk menggeser waktu perjalanannya dapat memanfaatkan waktu pemberlakuan potongan tarif tol ini, untuk menghindari wilayah yang berpotensi menjadi titik kepadatan di jalan tol Jasa Marga Group khususnya dari Semarang sampai dengan Jakarta,” tutur Faiza.

Potongan tarif hanya akan berlaku apabila transaksi dilakukan dengan memakai uang elektronik (e-Toll). Potongan tarif tak berlaku jika transaksi dengan saldo e-Toll tak mencukupi atau asal dan golongan kendaraan tak dapat terbaca.

Faiza mengimbau sebelum mulai perjalanan, masyarakat diharapkan untuk dapat memastikan kecukupan saldo e-Toll minimal Rp 500.000 untuk kendaraan golongan I yang melaksanakan perjalanan dari Semarang ke Jakarta.

Baca Juga  Disiapkan Kuota 9.800 Penumpang dan 4.800 Sepeda Motor di Mudik Gratis Naik Kapal Laut, Buruan Daftar!

Sehingga menghindari kekurangan saldo ketika melakukan transaksi di GT Cikampek Utama dan menghindari antrean di gerbang tol.

“Potongan tarif 20 persen akan diberlakukan bagi semua golongan kendaraan,” tutur Faiza.

Kata Faiza, untuk perjalanan menerus tersebut, pengguna jalan akan melewati sejumlah ruas jalan tol baik jalan tol Jasa Marga Group, yakni Jakarta-Cikampek, Palimanan-Kanci, Batang-Semarang dan Semarang Seksi ABC.

Selain itu juga melewati jalan tol Non-Jasa Marga Group, yakni Cikampek-Palimanan, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang dan Pemalang-Batang.

Faiza menyebutkan pemberlakuan potongan tarif tol akan dihitung di saat melaksanakan tap out di gerbang tol keluar yakni di GT Kalikangkung saat periode arus mudik atau GT Cikampek Utama di periode arus balik berdasarkan tanggal maupun waktu yang sudah ditentukan.

“Potongan tarif menjadi tidak berlaku apabila pengguna jalan tap out pada hari terakhir pemberlakuan potongan tarif melebihi pukul 05.00 WIB,” tuturnya.

Oleh sebab itu, pihaknya mengimbau pengguna jalan agar mempersiapkan waktu perjalanan sebaik mungkin, supaya bisa menikmati potongan tarif 20 persen.

Berikut ini rincian diskon tarif tol 20 persen di arus balik Lebaran 2024:

  • Kendaraan Golongan I yang semula dibanderol Rp 421.500 kini menjadi Rp 337.200, potongan tarif sebanyak Rp 84.300 
  • Kendaraan Golongan II dan III yang semula dibanderol Rp 649.500 kini menjadi Rp 519.600, potongan tarif senilai Rp 129.900
  • Kendaraan Golongan IV dan V yang semula dibanderol Rp 856.500 kini menjadi Rp 685.200, potongan tarif senilai Rp 171.300

Jasa Marga memberikan imbauan kepada pengguna jalan agar mematuhi rambu serta arahan petugas di lapangan.

Senantiasa disiplin dalam ketentuan berkendara di jalan tol. Sebab gangguan sekecil apa pun yang terjadi akan ada dampaknya pada arus lalu lintas yang ada. Selain itu juga menyebabkan antrean kendaraan.

Baca Juga  Sistem Transportasi Cerdas Jasa Marga Memperkuat Kebijakan Rekayasa Lalu Lintas Lebaran 2024

“Hindari perjalanan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus balik yang diprediksi jatuh pada Senin, 15 April 2024 untuk menghindari penumpukan kendaraan,” pesan Faiza.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion