Connect with us

Transportasi

KAI Daop 1 Jakarta Gelar Apel Peringatan Bulan K3 Nasional 2024 di Stasiun Gambir

Published

on

Foto istimewa

JAKARTA (Bindo.id) – KAI Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta gelar apel Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2024 ke-54 di Hall Tengah Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (29/1/2024).

Apel Pasukan diikuti ratusan pegawai di lingkungan Induk Perusahaan dan Anak Perusahaan PT KAI (Persero), dengan mengusung tema “Proaktif  Budayakan K3 dan Lingkungan Hidup Dalam Bekerja Sehat dan Selamat Untuk Terjaminnya Kualitas Lingkungan serta Terjaga Keberlangsungan di Semua Lini Bisnis KAI Group”.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kepala Daerah Operasi 1 Jakarta Iwan Eka Putra.

Manager Humas Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menjelaskan, kegiatan tersebut menjadi momentum untuk evaluasi dan melakukan perbaikan bagi KAI di Tahun 2024. 

“Keselamatan dan Keamanan Perjalanan Kereta Api menjadi prioritas utama kita bersama. Seluruh Insan KAI wajib mematuhi 5 budaya keselamatan. Patuh prosedur kerja, Briefing sebelum bekerja, Gunakan alat pelindung diri, Peduli lingkungan kerja dan Lapor potensi bahaya. Lima budaya keselamatan bukan hanya menjadi slogan untuk dihafalkan, tetapi harus dihayati dan dipastikan bersama bahwa lima budaya keselamatan tersebut benar-benar dilaksanakan di tempat kerja,” ujat Ixfan.

Dalam mewujudkan budaya keselamatan dan kesehatan kerja, PT KAI juga terus melakukan pemeriksaan kondisi prasarana dan sarana secara rutin, serta secara proaktif memeriksa titik rawan bencana dan potensi bahaya. 

PT KAI juga secara aktif meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api, khususnya di perlintasan sebidang, dan berkolaborasi dengan para regulator, yaitu pemerintah daerah maupun pusat. 

Untuk meningkatkan keselamatan di sekitar jalur rel, Daop 1 Jakarta berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Pemerintah Daerah dan TNI/Polri menutup perlintasan liar yang membahayakan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api serta warga sekitar. Secara total sepanjang tahun 2023 sebanyak 13 titik perlintasan liar telah ditutup untuk area Daop 1 Jakarta. 

Baca Juga  KAI Daop 1 Jakarta Imbau Penggunaan Maksimum Bagasi untuk Naik Kereta Api

Selain itu KAI juga aktif melakukan sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang yang dilaksanakan di perlintasan liar, perlintasan resmi maupun di sekolah-sekolah, mulai dari TK hingga Sekolah Lanjutan. Selama Tahun 2023 KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan sosialisasi keselamatan sebanyak 87 kali, rata-rata perbulan sebanyak 7 hingga 8 kali kegiatan.

“Seluruh pemangku kepentingan, baik dari kementerian/lembaga, pemerintah pusat dan daerah, asosiasi, serikat pekerja/serikat buruh, swasta, perguruan tinggi, dan media bahkan masyarakat luas, juga diajak untuk selalu mengutamakan keselamatan dirinya saat berada di jalur dan perlintasan sebidang KA,” pungkas Ixfan.(bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion