Connect with us

Transportasi

Jalan Tol Jogja-Solo Beroperasi Fungsional Gratis

Published

on

Foto: istimewa/Dok. PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM))

JAKARTA (Bindo.id) – Jalan Tol Solo-Yogya-YIA Kulon Progo mulai dari Kartasura sampai Karanganom dioperasikan secara fungsional saat arus Libur Nataru pada 22 sampai 31 Desember 2023 dan saat arus balik pada 1 sampai 3 Januari 2024.

Pengguna Jalan yang melalui jalan ini selama jadwal operasi fungsional tidak dikenakan tarif tol alias gratis.

Pada periode tersebut, PT JMJ akan membuka jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo (Kartasura-Karanganom) pada jam operasional jalur mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Perlu dicatat, kendaraan yang diperbolehkan melintas ialah kendaraan roda 4 golongan 1 non bus dan non truk, tidak diperuntukan untuk kendaraan berat. Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah 40 km per jam.

Direktur Utama PT JMJ Suchandra P Hutabarat mengatakan, pengoperasian jalur fungsional tanpa tarif ini bertujuan mendukung pelayanan kepada masyarakat yang mudik dan berlibur di wilayah Solo dan Yogyakarta pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Berbeda dari pelayanan saat lebaran Idul Fitri lalu yang hanya dibuka dari Kartasura yakni akses Gerbang Tol (GT) Colomadu sampai Jl Sawit sepanjang 6 kilometer, pada periode Nataru kali ini jalur fungsional dibuka lebih panjang dari akses GT Colomadu dan on/off Banyudono hingga Karanganom sepanjang 13 kilometer.

Perkerasan jalan jalur fungsional kali ini berupa konstruksi rigid pavement.

Dengan jalur yang lebih panjang, kami memberikan pelayanan yang lebih optimal karena jalur fungsional ini dapat menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan untuk menghindari kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di Tugu Kartasura Delanggu dan Jalan Raya Solo-Yogyakarta sekaligus memperpendek waktu perjalanan dari Akses/GT Colomadu menuju Klaten,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (22/12/2023).

Jalur fungsional Tol Jogja-Solo ini hanya dioperasikan satu arah pada periode arus mudik dan satu arah pada arus balik.

Akses masuk jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo dari jalan Nasional akan melalui on/off Banyudono yang berjarak sekitar 700 meter dari GT Colomadu.

Pengaturan arah arus lalu lintas pada periode arus mudik Nataru yaitu pada 22 sampai 31 Desember 2023 pukul 06.00 sampai 17.00 WIB, jalur fungsional ini akan beroperasi satu arah dari GT Colomadu Tol Trans Jawa menuju Boyolali dan atau Kartasura serta menuju Klaten dan atau Yogyakarta.

Untuk pengguna jalan yang menuju Klaten dan atau Yogyakarta, dapat mengakses jalur fungsional melalui Flyover Ngasem di STA 0+600 hingga GT Karanganom untuk melanjutkan perjalanan melalui Jalan Raya Solo-Yogyakarta.

Sementara itu, bagi pengguna jalan dari GT Colomadu yang menuju Boyolali dan/atau Kartasura, juga akan dialihkan melalui Flyover Ngasem melalui GT Banyudono untuk melanjutkan perjalanan melalui Jalan Raya Solo-Semarang.

Pada periode arus mudik ini, pengguna jalan dari Jalan Raya Solo-Semarang yang menuju Jalan Tol Trans Jawa juga dialihkan masuk melalui GT Banyudono untuk meneruskan perjalanan melalui GT Colomadu.

Sementara itu, pada periode arus balik Nataru yaitu pada 1-3 Januari 2024 pukul 06.00-17.00 WIB, jalur fungsional ini akan beroperasi satu arah dari GT Karanganom menuju GT Banyudono dan GT Karanganom menuju GT Colomadu.(bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *