Connect with us

Transportasi

Regional 2 Tanjung Priok Adakan Table Top Exercise ISPS Code

Published

on

Foto: istimewa/pelindoreg2tjpriok

Jakarta, Bindo.id – Bagian Kepatuhan Bisnis Pelindo Regional 2 Tanjung Priok melaksanakan kegiatan Table Top Exercise ISPS Code yang berlangsung selama 2 hari dari 23-24 Oktober 2023 di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Dalam rangka melaksanakan mandatory dari peraturan PM 134 Tahun 2016, dimana setiap fasilitas pelabuhan harus melakukan drill dan exercise untuk mendapatkan perpanjangan sertifikat SoCPF (Statement of Complain Port Fasility).

Sertifikasi ini dikeluarkan oleh DIREKTUR JENDERAL PERHUBUNGAN LAUT (DIRJEN HUBLA) terkait pemenuhan terhadap standar keamanan internasional.

Pelindo Regional 2 Tanjung Priok melakukan kegiatan ini bersama dengan PT Nawakara Perkasa Nusantara yang ditunjuk sebagai konsultan pengamanan atau Recognise Security Organization (RSO) dalam pelaksanaan kegiatan latihan / skenario ini melibatkan PFSO Terminal Penumpang Regional 2 Tanjung Priok, Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok selaku PSC (Port Security Committee) dan PSO (Port Security Officer) serta anggota kepolisian Polres Pelabuhan Tanjung Priok, dalam keterangan resmi, Rabu (1/11/2023).

Latihan ini dilakukan selama 2 (dua) hari dengan hari pertama membahas materi scenario exercise yang dipaparkan oleh konsultan/RSO dan hari kedua dilakukan praktik lapangan /simulasi untuk memahami fungsi dan tanggung jawab peran keamanan, menguji koordinasi dan komunikasi antar peran dan perangkat keamanan saat kejadian ancaman keamanan sesuai alur dan SOP yang tertuang dalam PFSP (Port Facilities Security Plan).

Setelah selesai dilakukan evaluasi terhadap hasil kegiatan ini. Dimulai dari kesiapan sarana dan prasarana yang kita miliki untuk menghadapi jika ada ancaman atau gangguan, seperti Handy Talkie, metal detector, CCTV Pemantau dan lain sebagainya khusus di terminal penumpang.

Serta melatih kesiapan petugas keamanan dalam melayani kapal kapal yang sandar di terminal penumpang dengan GT diatas 5000 baik kapal domestic maupun kapal internasional dalam mengantisipasi ancaman pengamanan pada setiap level security.

Baca Juga  Karantina Pertanian Tanjung Priok, Gagalkan Pemasukan 28,5 Ton Daging Kerbau Tanpa Dokumen Resmi

Denny Sondjaja selaku Senior Manager Kepatuhan Bisnis, dalam evaluasi nya mengatakan bahwa “pelatihan ini memang ditujukan untuk kesiapan terminal penumpang dalam menghadapai ancaman keamanan yang mungkin terjadi di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok serta masih dalam rangkaian penataan Terminal Penumpang dalam kesiapannya melayani penumpang kapal laut yang melalui Pelabuhan Tanjung Priok”.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok juga telah melakukan berbagai penataan sarana dan prasarana dalam melayani penumpang kapal,seperti kesiapan keamanan 24/7, kesiapan ruang tunggu, X Ray, kantin yang higienis dan bersih serta toilet/kamar mandi yang bersih dan nyaman.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion