Connect with us

Transportasi

Pacu Kelancaran Distribusi Logistik, Subholding Pelindo Layani Multimoda Jalur Baru

Published

on

foto:istimewa/SPSL/Pelindo

Jakarta, Bindo.id – PT Pelindo Solusi Logistik atau (SPSL) sebagai Subholding BUMN Kepelabuhanan Pelindo pada klaster logistik dan hinterland development terus lakukan upaya korporasi dalam mendukung kelancaran distribusi logistik nasional melalui layanan multimoda jalur baru Belawan – Pematang Siantar.

Dalam pelaksanaan layanan multimoda dengan rute dari Belawan ke Pematang Siantar ini, SPSL melalui Anak Perusahaanya yakni PT Prima Indonesia Logistik (“PIL”) berkolaborasi dengan PT Kereta Api Indonesia (“KAI”) dan PT Sumatra Tobacco Trading Company (“STTC”), Senin (13/11/2023).

Ichwal Fauzy Harahap selaku Direktur Komersial dan Teknik SPSL mengatakan, bahwa untuk integrasi antara hinterland dan Pelabuhan, SPSL terus melakukan kerjasama dengan para pelaku industri untuk membentuk ekosistem yang tidak hanya mengandalkan satu moda angkutan darat tetapi juga telah mengintegrasikan dengan menggunakan kereta api.

“Layanan multimoda ini akan memperlancar arus barang menuju dan keluar pabrik atau pergudangan melalui akses alternatif sehingga dapat membantu mengurai kepadatan lalu lintas jalan, mempersingkat waktu pengiriman, meningkatkan reliability dan safety dalam pendistribusian barang. Selain itu, layanan multimoda ini juga dapat mempromosikan upaya penggunaan moda transportasi yang lebih ramah lingkungan melalui pemakaian emisi karbon yang lebih rendah,” ujar Ichwal.

Sebelumnya SPSL juga telah melayani transportasi logistik multimoda sebanyak 8426 box pada triwulan III-2023 di Kawasan Sumatera Utara melalui jalur Sei Mangkei – Belawan, Sei Mangkei – Kuala Tanjung dan Kuala Tanjung – Belawan. Kedepannya SPSL akan terus melakukan eksplorasi untuk pengembangan layanan multimoda yang terintegrasi dengan tetap mengedepankan keamanan dan kecepatan logistik, sehingga diharapkan secara bertahap mampu menekan biaya logistik nasional.

Indra Pamulihan selaku Direktur PIL menyebutkan, kolaborasi ini akan memberikan dampak baik bagi berbagai pihak. Melalui kolaborasi ini diharapkan PIL dapat mempermudah proses pengiriman logistik yang akan semakin cepat, efektif dan efisien serta meringankan biaya logistik sehingga akan berdampak pada makin lancarnya distribusi pengiriman barang serta arus logistik STTC yang tentu saja akan mengurangi beban jalan raya, bebas dari kemacetan, dan rendah polusi di mana khusus rute Belawan – Pematang Siantar ataupun sebaliknya PIL dapat mengirimkan sampai dengan 14 gerbong datar atau sama dengan 28 Teus.

“Semoga langkah yang kami lakukan dalam membangun kolaborasi dan sinergi transportasi bidang logistik dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya dan memberikan value yang baik bagi perekonomian nasional sehingga kami bisa bersama-sama memberikan sumbangsih untuk membangun efisiensi distribusi logistik di negeri ini,” ujar Indra.

Baca Juga  Subholding Pelindo Sosialisasikan Transformasi Pelabuhan Tanjung Wangi ke Pengguna Jasa

“SPSL sebagai Anak Perusahaan BUMN akan terus melakukan upaya untuk meningkatkan kinerja dan layanan SPSL Group serta mengupayakan solusi terbaik di bidang logistik sebagai perwujudan dari visi perusahaan,” tutup Ichwal.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion