Connect with us

Transportasi

Operasional Kereta Cepat Whoosh Diharap dapat Perkuat Capaian Target Wisatawan Tahun 2023

Published

on

Foto:istimewa/dok/bas

Jakarta, Bindo.id – Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau “Whoosh” yang akan resmi beroperasi mulai 2 Oktober 2023 dipastikan memberi dampak pada peningkatan kualitas sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air khususnya aksesibilitas wisatawan menuju berbagai destinasi dan sentra ekonomi kreatif di Jawa Barat.

Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Dessy Ruhati, usai mengikuti joy ride Kereta Cepat Jakarta-Bandung “Whoosh”, Jumat (29/9/2023) berharap kehadiran “Whoosh” dapat memperkuat capaian target wisatawan baik nusantara maupun mancanegara di tahun 2023.

“(Kereta Cepat) Ini tentunya akan mendukung peningkatan kualitas pariwisata yang dapat membantu konektivitas ke berbagai destinasi wisata, sehingga dapat menggerakkan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara,” tutur Dessy.

Hingga pertengahan semester tahun ini, jumlah pergerakan wisatawan nusantara tanah air telah mencapai sekitar 433 juta.

Dengan kehadiran kereta cepat serta berbagai prospek lain dari pemanfaatan konektivitas di sejumlah moda transportasi, diharapkan target 1,2 miliar-1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara di tahun 2023 dapat tercapai.

Dikatakan Dessy, pihaknya senantiasa mendorong pelaku industri agar mulai membuat paket-paket perjalanan wisata dengan memasukkan kereta cepat sebagai salah satu daya tarik ataupun transportasi pilihan.

“Ke depan (kereta cepat) akan juga dikembangkan tidak hanya sampai Bandung tapi sampai ujung Pulau Jawa seperti Surabaya, dan mungkin percepatan ini, dalam menyongsong visi Indonesia Emas 2045 mungkin KAI akan membuat juga (kereta cepat) di wilayah Sumatera dan Sulawesi ataupun berbagai daerah lainnya,” ungkapnya.

Kereta Cepat “Whoosh” rencananya terbagi dalam tiga kategori kelas. Yakni Rp350 ribu untuk first class, Rp300 ribu untuk business class, dan Rp250 ribu untuk kelas premium ekonomi.

Untuk kelas pertama atau first class ada di dua kereta dengan masing-masing kapasitas 18 tempat duduk.

Baca Juga  Pemerintah Kenalkan Nama Kereta Cepat Jakarta- Bandung, Menhub: Whoosh

Sementara untuk kelas bisnis dengan susunan bangku 2-2 ada di satu kereta dengan kapasitas 28 tempat duduk.

Sementara sisanya untuk kelas premium ekonomi berjumlah 555 tempat duduk dengan susunan bangku 2-3.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung “Whoosh” juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas mulai dari kursi yang nyaman dengan ruang kaki lebar, stop kontak di tiap bangku, meja lipat, televisi, hingga toilet ramah disabilitas.

Kereta Cepat “Whoosh” yang berkecepatan maksimal hingga 350 km/jam nantinya akan berhenti di empat stasiun yakni Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion