Connect with us

Transportasi

Mau Naik LRT Jabodebek Secara Gratis? Berikut Ini Jadwal dan Cara Daftarnya

Published

on

foto:istimewa

Jakarta, Bindo.id – Uji coba LRT Jabodebek dengan penumpang akan dilaksanakan selama hampir satu bulan, dimulai dari tanggal 12 Juli hingga 15 Agustus 2023.

Masyarakat yang tertarik untuk naik LRT Jabodebek dapat mendaftar secara online mulai tanggal 10 Juli 2023. Hal ini diumumkan oleh akun media sosial resmi LRT Jabodebek, @lrt_jabodebek, pada Selasa (4/7/2023).

Selama periode uji coba, penumpang LRT Jabodebek akan dikenakan tarif sebesar Rp 1.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kuota penumpang akan dibatasi. LRT Jabodebek hanya akan mengangkut sekitar 150 hingga 200 orang penumpang setiap harinya.

LRT Jabodebek memiliki total 18 stasiun yang dapat diakses oleh penumpang. Meskipun demikian, hanya tiga stasiun yang akan menjadi titik keberangkatan, yaitu Stasiun Harjamukti, Dukuh Atas, dan Jatimulya.

Menurut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), tarif LRT Jabodebek akan lebih murah dibandingkan dengan moda transportasi lainnya. Selain itu, penggunaan LRT Jabodebek juga akan memberikan efisiensi waktu perjalanan karena tidak terkena kemacetan jalan.

Tarif normal untuk perjalanan terjauh dengan LRT Jabodebek akan sebesar Rp 15.000 per penumpang, meningkat dari tarif sebelumnya sebesar Rp 12.000.

Namun, selama masa uji coba berlangsung, penumpang hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 1 saja.

Sebelum dilakukan uji coba, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono telah menjajal LRT Jabodebek pada tanggal 28 Juni 2023.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kesiapan moda transportasi modern ini sebelum diresmikan pada bulan Agustus mendatang.

Budi Karya Sumadi mengajak seluruh warga Jakarta dan sekitarnya untuk menggunakan LRT Jabodebek sebagai sarana transportasi.

Ia menyoroti kecepatan perjalanan yang dapat ditempuh dengan LRT Jabodebek. Contohnya, perjalanan dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, menujuStasiun Jatimulya di Kabupaten Bekasi hanya memakan waktu 39 menit.

Dalam perbandingan, perjalanan yang sama menggunakan kendaraan pribadi melalui jalan tol bisa mencapai 2 jam.

Baca Juga  LRT Jabodebek Kini Ditetapkan Menjadi Objek Vital Nasional Perkeretaapian

“Kami tadi dari Dukuh Atas sampai ke Jatimulya 39 menit. Artinya kalau dibandingkan dengan perjalanan normal mau menggunakan tol sekalipun itu 2 jam, berarti ini memangkas waktu menjadi sepertiganya,” ungkap Budi.

Dengan jarak tempuh yang relatif singkat, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi umum LRT Jabodebek.

Selain itu, menggunakan LRT Jabodebek juga lebih ekonomis dibandingkan dengan kendaraan pribadi.

Budi menjelaskan, “Nah ini jelas apa yang disampaikan pak presiden bahwa ongkos yang harus dibayar oleh semua kalangan masyarakat itu tinggi sekali apabila menggunakan kendaraan pribadi.”

Selain itu, Budi mengumumkan bahwa Presiden Jokowi direncanakan akan meresmikan uji coba LRT Jabodebek pada tanggal 12 Juli hingga 18 Agustus 2023. Selama periode uji coba, tarif yang berlaku untuk LRT Jabodebek hanya Rp 1.

“Pak Dirut KAI tadi bahwa InsyaAllah tanggal 12 Juli kita mulai uji coba pada masyarakat dengan Rp1 sampai 18 Agustus yang kita harapkan presiden meresmikan,” tambahnya.

Dengan dimulainya uji coba LRT Jabodebek, diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaat transportasi modern ini, termasuk waktu tempuh yang lebih singkat dan biaya yang lebih terjangkau.

LRT Jabodebek menjadi solusi untuk mengatasi masalah kemacetan dan meningkatkan mobilitas di wilayah Jabodetabek.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion