Connect with us

Transportasi

Sejak Diluncurkan, Pengguna DAMRI Apps Terus Meningkat Tiap Tahunnya

Published

on

Foto:istimewa/DAMRI

Jakarta, Bindo.id – Aplikasi DAMRI Apps yang diluncurkan pada 2019 mengiringi transformasi digitalisasi DAMRI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan melalui transaksi yang lebih efisien dan efektif dengan beragam pilihan bentuk pembayaran.

Corporate Secretary Akhmad Zulfikri mengatakan bahwa DAMRI Apps mampu mencetak sebanyak 338.214 transaksi secara online via DAMRI Apps sejak awal diresmikan pada 2019 hingga April 2023. Volume transaksi di DAMRI Apps menunjukkan peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun.

Terjadi peningkatan volume transaksi DAMRI Apps sebesar 25 persen (yoy) pada periode 2019-2020 dengan jumlah transasi pada 2019 sebanyak 37.138 dan 2020 sebanyak 46.533. Lalu, kenaikan signifikan sebesar 77 (yoy) persen terjadi pada periode 2020-2021 dengan jumlah transaksi pada 2021 sebesar 82.758. Peningkatan terus terjadi hingga tahun 2022 sebesar 20 persen (yoy) pada periode 2021-2022 dengan jumlah transaksi pada 2022 sebanyak 99.726. Adapun, volume transaksi pada Januari hingga April 2023 sudah mencapai 72.059 penjualan via aplikasi.

Dalam kurun waktu 3 tahun, volume transaksi di DAMRI Apps terus meningkat didukung oleh kondisi pandemi yang mendorong hubungan interaksi masyarakat untuk adaptif menggunakan teknologi digital.

Saat ini, DAMRI Apps tersedia untuk layanan Angkutan Pariwisata, Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Angkutan Bandara, dan Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN), dengan kelas Bisnis, Eksekutif, dan Royal. Adapun, tersedia untuk layanan Angkutan Perintis dengan rute Pool DAMRI Mataram ke Terminal Taliwang dan Pool DAMRI Mataram ke Maluk.

“Peningkatan layanan fasilitas pemesanan tiket secara online via DAMRI Apps akan secara bertahap dilakukan pengembangan agar mewujudkan efisiensi dan kemudahan bagi pelanggan sebagai bentuk upaya DAMRI memanfaatkan peluang dalam era digital,” kata Fikri.

DAMRI Apps pun mudah digunakan untuk segala golongan karena User Interface-nya (UI) yang tata letaknya tampak jelas dan menggunakan perpaduan warna yang pas. Adapun, tersedianya fitur pembayaran secara online pun menjadi salah satu kemudahan bagi pelanggan untuk memesan tiket dengan praktis, mudah, dan cepat.

Baca Juga  DAMRI Kerahkan 250 Bus Khusus Angkutan Lebaran 2024

Dengan memanfaatkan DAMRI Apps, pelanggan bisa mendapatkan banyak fitur – fitur yang tersedia termasuk melakukan refund ataupun reschedule tiket yang telah dipesan. Ke depannya, DAMRI sedang mempersiapkan DAMRI Apps dengan fitur-fitur pendukung, seperti fitur hiburan dan asuransi, serta fitur-fitur pelengkap yang mendukung kebutuhan perjalanan pelanggan.

Pelanggan bisa mengunduh DAMRI Apps melalui Google Playstore dan App Store untuk memesan tiket via aplikasi.

Berikut langkah-langkah memesan tiket secara online via DAMRI Apps :

1. Login/ Registrasi untuk pengguna baru

2. Pilih titik keberangkatan dan tujuan

3. Pilih tanggal keberangkatan dan jumlah kursi

4. Lalu akan muncul jadwal yang tersedia, klik jadwal yang dipilih

5. Isi biodata diri

6. Konfirmasi detail pemesanan

7. Melakukan pembayaran

8. Ticket Issued

“Inovasi DAMRI Apps diharapkan dapat secara bertahap menjangkau seluruh layanan sehingga dapat membantu peningkatan dan kemudahan pelayanan terhadap pelanggan agar semakin mudah, cepat, dan nyaman,” tutup Fikri.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion