Connect with us

Transportasi

Ini Daftar Jalan Tol yang Siap Beroperasi saat Mudik Lebaran 2023

Published

on

Tol Cibitung-Cilincing

Jakarta, Bindo.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mempersiapkan layanan di jalan tol guna mendukung kelancaran arus lalu lintas kendaraan menjelang arus mudik lebaran 2023.

Persiapan yang dilakukan mulai dari mengecek kondisi jalan tol baru yang akan beroperasi tahun ini, jalan tol fungsional, aplikasi Tol Kita, hingga rest area beserta sejumlah fasilitas pendukung lainnya.

“Selama pelaksanaan arus mudik Lebaran 2023, kami fokus terhadap kesiapan layanan yang harus diberikan terbaik kepada masyarakat pengguna jalan tol,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit, dikutip dari akun instagram @pupr_bpjt Ahad (26/3/2023).

Danang menyebut ada beberapa ruas tol yang akan beroperasi secara fungsional guna mendukung arus mudik Lebaran 2023. Jalan tol tersebut berada di Jawa dan Sumatra.

Selain jalan tol yang beroperasi fungsional, Danang menuturkan pada Lebaran tahun ini juga terdapat penambahan tiga ruas tol baru yang telah beroperasi secara komersial untuk mendukung arus mudik.

Ketiga ruas tersebut yaitu Tol Bekasi-Cawang-Kp. Melayu Seksi 2A dan 2A Ujung (4,88 km), Tol Semarang-Demak Seksi 2 (16,01 km), dan Ramp 2, 4, 5, dan 8 Junction Wringinanom Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar.

Lebih lanjut, Danang menyatakan total panjang jalan tol yang akan difungsionalkan saat arus mudik Lebaran 2023 mencapai 189 kilometer. Dari beberapa ruas tersebut, salah satunya adalah Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) 2 Selatan Paket 3 Kutanegara-Sadang (8,5 km).

Danang menambahkan, berkaitan dengan penerapan one way dan contraflow di jalan tol nanti sepenuhnya menjadi kewenangan Korlantas Polri dan pihaknya akan mengikuti arahan di lapangan.

Berdasarkan data kecelakaan lalu lintas yang terjadi saat moment lebaran tahun 2022 lalu di Jalan Tol Trans Jawa terdapat 7,16 persen kecelakaan dan 4,72 persen meninggal dunia, kemudian di Jalan Tol Trans Sumatra terdapat 9,68 persen kecelakaan dan 12,5 persen meninggal dunia.

Baca Juga  Menhub, Menko PMK, dan Kapolri Tinjau Kondisi Arus Kendaraan Pemudik di Tol Cikampek

Dia berharap pada tahun ini para pengendara tetap aman dan nyaman selama mudik lebaran, terus mematuhi aturan berkendara, selalu mengecek kondisi kendaraan dan utamakan keselamatan bukan kecepatan untuk tetap selamat sampai tujuan.

Berikut daftar lengkap jalan tol baru yang operasi fungsional saat arus mudik Lebaran 2023:

1. Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Krukut-Limo (2,2 km)

2. Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere (3,6 km)

3. Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 4 Taruma Jaya-Cilincing (7,3 km)

4. Jalan Tol Solo-Yogyakarta Sebagian Seksi 11 (6,1 km)

5. Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi Blang Bintang-Baitussalam (13,2 km)

6. Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak (1,9 km)

7. Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2A Jatikarya-Cikeas (3,5 km)

8. Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A (8,6 km)

9. Jalan Tol Stabat-Tanjung Pura Sebagian Seksi 2 (7,2 km)

10. Jalan Tol Kuala Tanjung-Pematang Siantar (96,5 km)

11. Jalan Tol Dolok Merawan Sinaksak (20,40 km)

12. Jalan Tol Japek 2 Selatan Paket 3 Kutanegara-Sadang (8,5 km). (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion