Connect with us

Transportasi

Garuda Indonesia Terbangkan 120 Tenaga Medis dan 20 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Turki

Published

on

masker 374-fd3a1295

Jakarta, Bindo.id – Maskapai penerbangan Garuda Indonesia mengoperasikan penerbangan kemanusiaan menuju Turki dari Bandara Halim Perdanakusuma, Senin (13/2/2023).

Garuda menerbangkan sedikitnya 120 orang tenaga kesehatan serta 20 ton bantuan kemanusiaan yang terdiri dari kebutuhan logistik dan kebutuhan tanggap bencana yang diinisiasi oleh pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk korban gempa di Turki.

Bantuan kemanusiaan tersebut dilakukan dengan armada Airbus A330-300 dan merupakan penerbangan pertama dari dua penerbangan kemanusiaan pemerintah Indonesia ke Turki yang rencananya akan diangkut oleh Garuda Indonesia. Penerbangan tersebut diberangkatkan dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Bandara Internasional Adana Sakirpasa, Turki melalui Jeddah.

GA 7980 diberangkatkan dari Bandara Halim Perdanakusuma pukul 09.00 WIB dan tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah pada pukul 15.20 LT untuk selanjutnya diberangkatkan dari Jeddah pada pukul 16.50 LT dan direncanakan akan tiba di Bandara Adana Sakirpasa pada pukul 19.50 LT.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, penerbangan tersebut merupakan bentuk komitmen Garuda  untuk senantiasa menjalankan mandat sebagai national flag carrier untuk mendukung penuh solidaritas antarnegara khususnya dalam menjalankan misi kemanusiaan.

“Melayani penerbangan kemanusiaaan ini memiliki arti tersendiri bagi kami untuk dapat terus menjaga mandat dalam berkontribusi menjaga nilai-nilai kebangsaan dengan menjadi garda terdepan untuk mewujudkan kepedulian bangsa Indonesia kepada masyarakat Turki melalui layanan penerbangan yang aman dan nyaman,” jelas Irfan dalam siaran pers.

Dia memaparkan, prosedur pemberangkatan tenaga kesehatan dan bantuan logistik tersebut telah melalui koordinasi intensif bersama pemangku kepentingan terkait dengan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan antarnegara.

“Melalui kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang secara intensif mendukung kelancaran seluruh proses penerbangan kemanusiaan ini sehingga dapat terealisasi secara optimal. Sinergi bersama dalam misi kemanusiaan ini, kami yakini tidak hanya menjadi upaya berkelanjutan dalam mendukung hubungan bilateral yang telah terjalin dengan solid, namun juga menjadi representasi penting dalam menyuarakan pesan kemanusiaaan antarnegara di tengah situasi bencana di Turki,” tutup Irfan.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Raih Kemuliaan Muharram, Subholding Pelindo Berbagi Keberkahan bersama Anak Yatim