Connect with us

Transportasi

Citilink-Badan Siber dan Sandi Negara Teken Kerja Sama

Published

on

masker 420-50a06bfd

Tangerang, Bindo.id – Maskapai penerbangan berbiaya hemat Citilink teken Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terkait pemanfaatan sertifikat elektronik pada sistem elektronik di lingkungan perusahaan.

Kerja sama ini diteken Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai dan Kepala Badan SSN Hinsa Siburian di Tangerang, dalam keterangan resmi, Kamis (16/2/2023).

“Di tengah era serba digital ini, tanda tangan elektronik yang tersertifikasi menjadi sebuah kebutuhan dalam mendukung efisiensi waktu serta proses bisnis yang berjalan di Perusahaan,” jelas Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai.

Pemanfaatan tanda tangan elektronik yang tersertifikasi ini dapat memudahkan proses penandatanganan dokumen secara cepat, mudah dan bebas rumit.

“Penandatanganan MoU antara BSSN-Citilink dimaksudkan sebagai landasan melakukan kerja sama saling menguntungkan dalam meningkatkan kualitas perlindungan informasi dan transaksi elektronik,” ungkap Direktur Keamanan Siber dan Sandi Teknologi Informasi dan Komunikasi, Media, dan Transportasi BSSN Rinaldy.

Selain itu bertujuan mewujudkan efektivitas kerja, pola kerja terpadu, terarah, dan berkesinambungan dalam proses perlindungan informasi dan transaksi elektronik.

Perlindungan Informasi dan Transaksi Elektronik menurutnya, sangat diperlukan sebagai upaya penerapan keamanan siber sesuai amanat Perpres 82/2022 tentang Pelindungan Infrastruktur Informasi Vital.

“Sinergi, kolaborasi, dan komitmen bersama merupakan salah satu kunci mewujudkan ruang siber yang aman dan sejahtera,” kata dia.

Tanda tangan elektronik yang menggunakan sertifikat elektronik dari BSSN memiliki keabsahan dan kekuatan hukum yang sama dengan tanda tangan yang dibubuhkan pada dokumen.

Tanda tangan elektronik yang tersertifikasi ini juga memiliki jaminan keamanan identitas diri melalui penggunaan teknologi kriptografi asimetris yang dibuat secara unik untuk setiap individu sehingga terjamin keasliannya.

Dewa menambahkan, pihaknya berharap dengan adanya pemanfaatan tanda tangan elektronik yang tersertifikasi melalui kerja sama dengan BSSN ini dapat mendukung upaya percepatan transformasi digital yang dilakukan di lingkungan Citilink.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  BSSN Bentuk Satgas Untuk Mengamankan Pemilu 2024 Dari Ancaman Siber