Connect with us

Info Nasional

Tegaskan Sikap RI Untuk Gaza, Prabowo Membuka Pertemuan Menhan Dari Negara ASEAN

Published

on

The 17th ASEAN Defence Minister's Meeting and The 10th ASEAN Defence Minister's Meeting Plus 2023 [medcom]
The 17th ASEAN Defence Minister's Meeting and The 10th ASEAN Defence Minister's Meeting Plus 2023 [medcom]

Jakarta, Bindo.id – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto hari ini telah membuka The 17th ASEAN Defence Minister’s Meeting and The 10th ASEAN Defence Minister’s Meeting Plus 2023.

Prabowo secara tegas menyatakan sikap Indonesia soal serangan Israel kepada warga sipil di Gaza, Palestina.

Acara ini dilaksanakan di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (15/11/2023). Di pidatonya, Prabowo menuturkan Indonesia secara konsisten mendesak kekerasan di Gaza agar segera dihentikan.

Dirinya menyebutkan Indonesia sudah berupaya supaya jalur aman untuk bantuan kemanusiaan agar dapat dibuka.

“Kami menilai sudah jadi kewajiban moral kami untuk bersikap seperti ini, dan kami mendorong seluruh negara untuk mengambil sikap yang sama untuk meringankan penderitaan rakyat Palestina yang terusir dari rumahnya sejak lama,” tutur Prabowo.

Krisis yang terjadi di belahan dunia yang lain juga mengingatkan kepada kita sangat pentingnya ASEAN agar tetap bersatu serta waspada.

Prabowo menuturkan Indonesia terus menjalin komunikasi dengan banyak pihak agar bisa mencari resolusi atas serangan ke Gaza.

Dirinya menuturkan Indonesia terus mengutamakan pentingnya koridor kemanusiaan untuk para warga sipil yang ada di Gaza.

“Indonesia secara aktif berkomunikasi dengan berbagai pihak untuk mencari resolusi atas isu ini,” tutur Prabowo.

Indonesia juga mempromosikan koridor kemanusiaan untuk para korban di Gaza.

Prabowo optimistis forum yang diikuti oleh para Menhan dari negara-negara di ASEAN dapat jadi pertemuan yang konstruktif.

Dirinya juga meyakini pertemuan ini menghasilkan solusi-solusi konkret terkait persoalan maupun tantangan di kawasan.

“Saya meminta semua delegasi untuk terlibat dalam diskusi-diskusi yang konstruktif, menjajaki solusi-solusi yang inovatif, dan memetakan kembali langkah-langkah konkret untuk mengatasi tantangan keamanan di kawasan kita ini,” tuturnya.

Baca Juga  Demokrat Dan PKB Hengkang Dari Koalisi Masing-Masing Buntut Anies Gandeng Cak Imin Jadi Cawapres Di Pemilu 2024

Dirinya yakin komitmen serta pemahaman bersama kita bisa membuka jalan untuk komunitas ASEAN yang lebih aman, lebih sejahtera, serta lebih tangguh.

Prabowo menjadi pemimpin pertemuan ADMM Ke-17 pada tanggal15 November 2023 serta ADMM Plus Ke-10 pada tanggal 16 November 2023 di Jakarta.

Di ADMM Ke-17, Prabowo bersama dengan menteri-menteri pertahanan se-ASEAN memetakan lagi tantangan keamanan serta melakukan penjajakan terhadap peluang kerja sama di kawasan.

Di pertemuan tersebut, delegasi dari semua negara anggota ASEAN hadir, kecuali dari Myanmar.

Timor Leste juga ikut mengirimkwn delegasinya di pertemuan itu sebagai observer (pengamat).

Pata menteri pertahanan anggota ASEAN yang menghadiri ADMM Ke-17 di Jakarta, yakni Menteri Pertahanan Kamboja/Wakil Perdana Menteri (PM) Kamboja Jenderal Tea Seiha, Menteri Pertahanan Laos/Wakil PM Laos Jenderal Chansamone Chanyalath, Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen, Menteri Pertahanan Filipina Gilberto C Teodoro Jr, Menteri Pertahanan Malaysia Dato Seri Utama Haji Mohamad bin Haji Hasan.

Turur hadir juga Menteri Pertahanan Thailand Sutin Klangsang, Menteri Pertahanan Vietnam Jenderal Phan Van Giang, serta Menteri Pertahanan II Brunei Darussalam Pehin Datu Lailaraja Mayor Jenderal (Ret) Dato Paduka Seri Haji Awang Halbi bin Haji Mohd Yussof.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion