Connect with us

Info Nasional

MUI Imbau Tak Gunakan Produk Ini Sebab Pro Israel

Published

on

MUI imbau tak pakai produk yang Pro Israel [strategi]
MUI imbau tak pakai produk yang Pro Israel [strategi]

Jakarta, Bindo.id – MUI menerbitkan fatwa soal hukum dukungan untuk perjuangan Palestina. Di fatwa itu, dijelaskan bahwa sebaiknya umat Islam menghindari penggunakan produk Israel, pro-Israel, maupun yang terafiliasi dengan Israel.

Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023

Berikut ini isi dari fatwa MUI Nomor 83 tahun 2023, yakni :

  1. Memberikan dukungan kepada perjuangan kemerdekaan Palestina atas agresi yang dilakukan oleh Israel hukumnya wajib
  2. Dukungan seperti yang disebutkan du point (1) di atas, termasuk juga dengan mendistribusikan zakat, infaq maupun sedekah bagi kepentingan perjuangan rakyat Palestina
  3. Pada dasarnya dana zakat harus terdistribusi kepada mustahik yang ada di sekitar muzakki. Saat kondisi darurat maupun kebutuhan yang mendesak, dana zakat boleh didistribusikan ke mustahik yang ada di tempat yang lebih jauh, misalkan untuk perjuangan Palestina
  4. Haram hukumnya memberikan dukungan agresi Israel terhadap Palestina maupun pihak yang memberikan dukungan kepada Israel baik secara langsung maupun tak langsung

Rekomendasi dari MUI

Berikut ini rekomendasi dari MUI :

  1. Umat Islam diimbau agar memberikan dukungan perjuangan Palestina, misalnya gerakan untuk menggalang dana kemanusiaan maupun perjuangan, mendoakan bagi kemenangan, serta mengadakan shalat ghaib bagi para syuhada Palestina.
  2. Pemerintah diimbau untuk memilih langkah-langkah tegas untuk membantu perjuangan Palestina, misalnya lewat jalur diplomasi di PBB agar bisa menghentikan perang dan sanksi kepada Israel. Mengirimkan bantuan kemanusiaan, serta konsolidasi negara-negara OKI untuk menekan Israel agar menghentikan agresinya.
  3. Umat Islam diimbau agar semaksimal mungkin menghindari transaksi serta pemakaian produk yang terafiliasi dengan Israel maupun yang memberikan dukungan pada penjajahan dan zionisme

Sebelumnya, sudah ada gerakan BDS (Boycott, Divest From, and Sanction Israel) yang tujuannya untuk mengadakan boikot ekonomi maupun budaya kepada Israel, divestasi keuangan dari negara, maupun sanksi pemerintah untuk menekan pemerintah Israel supaya mematuhi hukum internasional serta mengakhiri kebijakan kontroversialnya kepada Palestina.

Baca Juga  Coca Cola Buka Suara Soal Imbauan Boikot Produk Pro Israel

BDS sudah menuliskan berbagai perusahaan yang harus diboikot sebab memberikan dukung kepada Israel atau terafiliasi dengan Israel.

Dilansir dari laman BDS, Senin (13/11/2023), saat ini BDS sudah memberikan target sejumlah produk maupun perusahaan yang harus diboikot oleh internasional.

Berdasarkan gerakan BDS Indonesia, BDS mempunyai target utama produk maupun perusahaan yang harus diboikot supaya mempunyai dampak boikot yang optimal.

Berikut ini perusahaan-perusahaan yang jadi target boikot utama BDS :

HP

HP atau Hewlett Packard sebagai perusahaan yang mengembangkan serta menyediakan berbagai macam komponen perangkat keras maupun lunak. HP ikut membantu Israel untuk melakukan pengawasan serta membatasi pergerakan dari warga Palestina dengan menggunakan sistem ID biometrik.

Siemens

Siemens merupakan perusahaan manufaktur industri yang terbesar di Eropa untuk bangunan maupun sistem energi terdistribusi yang akan menghubungkan jaringan listrik Israel serta Eropa.

Berdasarkan laporan, akan ada pencurian pada pemukiman ilegal tanah Palestina. Hal ini dilaksanakan untuk memperoleh manfaat dari perdagangan listrik yakni antara Israel dan Uni Eropa yang berasal dari gas fosil.

Puma

PUMA sebagai perusahaan yang membuat produksi sepatu maupun perlengkapan olahraga.

PUMA diboikot sebab jadi sponsor internasional tunggal Asosiasi Sepak Bola Israel (IFA). Berdasarkan BDS Movement, memberikan dukungan PUMA kepada IFA secara langsung memberikan dukung pelanggaran hak asasi manusia maupun hukum internasional.

SodaStream

SodaStream adalah mesin dan silinder yang bisa diisikan kembali. Jadi, pengguna bisa membuat soda maupun minuman air berkarbonasi sendiri.

Perusahaan manufaktur yang berbasis di Israel ini memiliki sejarah panjang penganiayaan maupun diskriminasi kepada pekerja Palestina.

Ahava

Ahava adalah merek kecantikan yang ada di beberapa negara. BSD berpendapat Movement, perusahaan ini memiliki situs produksi, pusat kunjungan, maupun toko utama yang ada di pemukiman Israel ilegal.

Baca Juga  Jokowi Lepas Bantuan Ke Palestina Sebanyak 51,5 Ton di Lanud Halim Perdanakusuma

Sabra

Sabra Dipping Company merupakan perusahaan patungan yang membuat produksi produk makanan. Sabra merupakan milik bersama PepsiCo dan Strauss Group yang memberikan dukungan keuangan untuk tentara Israel.

Sayur dan buah Israel

Buah dan sayuran Israel sering diberi label produk di Israel. Akan tetapi, hal ini dilaksanakan sebab buah maupun sayuran itu dinilai asalnya dari tanah Palestina yang dirampas. Misalnya produk pertanian kurma yang sering diekspor oleh Israel.

Selain produk maupyn perusahaan di atas, BDS juga memberi daftar produk dan perusahaan yang harus diberi tekanan, yakni

  • McDonald’s
  • Pizza Hut
  • Starbucks
  • Domino’s Pizza
  • Burger King
  • Papa John’s

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion