Connect with us

Info Nasional

6 Negara Termasuk Indonesia Wajib Tes TBC Sebelum Masuk Ke Jepang Mulai Tahun Depan

Published

on

Ilustrasi Tokyo, Jepang [liputan6]
Ilustrasi Tokyo, Jepang [liputan6]

Jakarta, Bindo.id – Pemerintah Jepang pada tahun 2024 memiliki rencana untuk mewajibkan bagi pelancong yang berasal dari 6 negara, termasuk Indonesia, untuk melaksanakan tes tuberkulosis (TBC) sebelum masuk ke negaranya.

Dilansir dari The Asahi, Menteri Kesehatan Jepang Keizo Takemi menyebutkan tes tuberkulosis diwajibkan bagi kunjungan ke Jepang lebih dari tiga bulan.

Keenam negara yang diwajibkan untuk melaksanakan tes TBC yaitu Filipina, Vietnam, Tiongkok, Indonesia, Nepal serta Myanmar. Takemi menyebutkan alasan negara itu dipilih sebab banyak pasien TBC baru di Jepang yang berasal dari negara-negara itu.

“Kami sedang melakukan persiapan implementasi secepatnya. Kami berharap dapat memulainya pada tahun fiskal berikutnya,” ungkap Takemi.

Lebih lanjut, masyarakat yanhlg ada di negara-negara itu akan diminta untuk melaksanakan tes TBC di institusi medis yang ditunjuk oleh pemerintah Jepang sebelum mereka melaksanakan perjalanan ke Jepang. Apabila hasil tes mereka positif, Jepang tak akan menerbitkan visa untuk mereka.

Awalnya rencana tersebut akan diberlakukan pada tahun 2018 sebab pasien TBC di Jepang yang berasal dari luar negeri mengalami peningkatan. Akan tetapi rencana itu tertunda.

Berdasarkan kementerian kesehatan, 10,235 pasien TBC baru terdata di Jepang di tahun 2022.

Akan tetapi mulai tahun 2021, jumlah kasus TBC sudah turun di bawah 10 per 100.000 penduduk, membuat Jepang menjadi negara “endemis rendah” bagi TBC berdasarkan klasifikasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Akan tetapi, 11,9 persen pasien TBC baru berasal dari luar negeri, serta rasionya terus mengalami peningkatan.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Jokowi Meminta Agar Menkes Menyiapkan Lokasi Karantina Khusus Pengidap TBC