Connect with us

Info Nasional

Fenomena Full Moon 1 Agustus, BMKG Mengeluarkan Peringatan Dini

Published

on

Ilustrasi full moon [wkbn]
Ilustrasi full moon [wkbn]

Jakarta, Bindo.id – Tanggal 1 Agustus 2023 akan ada fenomena full moon.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat waspada adanya potensi banjir Rob.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo menyebutkan banjir rob dikarenakan adanya fenomena fase full moon yang akan terjadi pada hari ini, Senin 1 Agustus 2023.

Momen itu bersamaan dengan Perigee (Jarak terdekat bulan ke bumi) yang terjadi pada Selasa, 2 Agustus 2023. Kondisi ini memiliki potensi naiknya ketinggian pasang air laut maksimum.

Dari pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) diprediksi akan terjadi di sejumlah wilayah pesisir Indonesia.

Wilayah pesisir yang berpotensi terjadi rob yakni Pesisir Sumatera Barat, Pesisir Kepulauan Riau, Pesisir Banten, Pesisir utara DKI Jakarta, Pesisir Jawa Barat, Pesisir Jawa Timur, Pesisir Bali, Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Maluku, serta Pesisir Papua Selatan.

“Potensi banjir pesisir (rob) ini berbeda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah (terlampir),” tuturnya, Minggu (30/7/2023).

Secara umum rob ini akan berdampak pada aktivitas masyarakat yang berada di sekitar pelabuhan dan pesisir.

Sejumlah aktivitas yang kemungkinan akan terganggu yakni aktivitas bongkar muat yang ada di pelabuhan, aktivitas yang ada di pemukiman pesisir, aktivitas tambak garam serta perikanan darat.

Eko menuturkan bahwa masyarakat diimbau agar selalu waspada dan siaga untuk melakukan antisipasi dampak dari pasang maksimum air laut yang disebabkan oleh fenomena full moon.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG.

Dilansir dari radarbogor, lokasi serta potensi Rab yang ada di Banten diprediksi terjadi di pesisir utara Banten pada tanggal 31 Juli – 2 Agustus 2023, pesisir barat Banten tanggal 31 Juli – 5 Agustus 2023, serta pesisir selatan Banten pada tanggal 30 Juli – 6 Agustus 2023.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  BRIN Imbau Warga Tetap Waspada Sebab Dampak Sesar Lembang Masih Mengancam