Connect with us

Hukum & Kriminal

Dalang Pembobolan Rekening BCA Senilai Rp 320 Juta Bukan Tukang Becak, Tapi Thoha

Published

on

Ilustrasi Teller Bank [detik]
Sumber gambar : Ilustrasi Teller Bank [detik]

Bindo.id, Jakarta – Manajemen PT Bank Cetral Asia Tbk atau BCA telah memastikan bahwa pembobolan rekening nasabah yang bernama Muin Zachry tidak seorang tukang becak.

Ada aktor lain yang menjadi dalang sekaligus otak pelaku kejahatan tersebut. Aktor lain tersebut adalah Mohammad Thoha.

“Tidak benar pelaku utamanya tukang becak. Pelakunya yaitu Thoha yang tinggal bersama dengan nasabah kami,” kata Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn, saat konferensi pers, Kamis, 26 Januari 2023.

Saat ini, Hera mengatakan BCA masih menanti proses sidang dan akan terus melakukan proses pemantauan kasus ini secara independen. Manajemen bank menaruh kepercayaan penuh kepada hakim yang akan memberikan keadilan.

Di waktu yang sama, BCA terus menggemborkan imbauan kepada nasabah agar tetap selalu menjaga data pribadinya.

“Kami bisa mengedukasi nasabah kami dengan menyimpan dokumen berharga seperti KTP, kartu ATM, kartu kredit, buku tabungan dan sebagainya dengan baik dan tidak dibagikan ke siapa pun,” tuturnya.

Selain itu, Hera juga meminta bantuan kepada media agar bisa membantu untuk memberikan edukasi kepada nasabah agar dapat menjaga KTP, kartu ATM, buku tabungan, dan nomor pin dengan baik. Hal ini dilakukan supaya hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Thoha adalah pria yang memiliki pekerjaan tidak menentu alias serabutan. Dia menyewa kamar kos di rumah Muin Zachry yang berada di Jalan Semarang, Surabaya selama 10 hari. Dia indekos di rumah tersebut setelah mengetahui Muin memiliki jumlah saldo di rekening bank sebesar Rp 345 juta di BCA.

Thoha lalu membujuk tukang becak yang bernama Setu agar melakukan pembobolan rekening tersebut. Selama 3 hari, Setu diajari untuk meniru tanda tangan Muin serta tata cara untuk pengambilan uang tunai di bank.

Baca Juga  Rekening Ludes Dikuras Tukang Becak, Pemilik Rekening Akan Gugat BCA dan Tellernya

Pada hari H, Setu melakukan penyamaran menjadi Muin dengan menggunakan masker dan peci. Dia juga membawa beberapa dokumen yang berupa KTP asli bahkan buku tabungan.

Pada Jumat, 5 Agustus 2022 di bank BCA Kantor Cabang Jalan Indrapura, Surabaya, Jawa Timur, Setu berhasil mengelabui teller bank yang bernama Maharani Istono Putri. Alhasil Setu dapat melakukan penarikan uang tunai sebesar Rp 320 juta.

Di sidang yang dilaksanakan secara online di Pengadilan Negeri Surabaya, Selasa (24/1/2023), Setu mengaku telah diperalat oleh Thoha untuk melakukan pembobolan rekening tabungan tersebut. Thoha memilih Setu sebagai aktor karena dia menganggap perawakan Setu mirip dengan Muin.

“Saya cuma tukang becak, tidak tahu apa-apa,” katanya ketika duduk sebagai terdakwa.

Setu mengaku dirinya hanya memperoleh imbalan sebanyak Rp 5 juta.

Sumber : BCA Soal Rekening Nasabah Rp 320 Juta Dibobol: Pelakunya Bukan Tukang Becak, tapi Thoha

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *