Connect with us

Kuliner

5 Daftar Kuliner Ekstrem yang Bisa Ditemukan di Indonesia

Published

on

pexels-samer-daboul-2233729-9e5a3f1c

Kuliner, Bindo.id – Selain dikenal kaya akan objek wisata alam yang indah, Indonesia itu juga memiliki beragam kuliner ekstrem yang mampu menarik perhatian para wisatawan dari mancanegara. Beberapa kuliner ekstrem yang ada di Indonesia itu diketahui dibuat dari bahan-bahan tidak lazim.

Meskipun bahan yang digunakan untuk membuat makanan itu tergolong tidak masuk akal, tetapi banyak juga orang yang tertarik untuk mencobanya. Lalu apa saja kuliner ekstrem yang bisa ditemukan di Indonesia itu?.

5 Kuliner Ekstrem yang Ada di Indonesia

Selain unik, ada beberapa makanan ekstrem di Indonesia yang kaya akan nutrisi, sehingga dipercaya baik untuk kesehatan manusia. Adapun 5 daftar kuliner ekstrem yang bisa ditemukan di Indonesia seperti berikut ini.

1. Tikus Bakar

Bagi para petani, tikus itu dianggap sebagai hama yang bisa merusak tanaman. Selain merusak tanaman, tikus juga termasuk ke dalam hewan yang menjijikan. Namun dibalik itu semua, masyarakat Sulawesi Utara menganggap jika tikus bakar   termasuk makanan yang lezat.

Bahkan popularitas dari tikus bakar ini mampu mengalahkan daging sapi, ayam dan kambing. Tapi perlu diketahui bahwa kuliner ekstrem yang bisa ditemukan di Indonesia ini tidak dibuat dari sembarang tikus, melainkan berupa tikus hutan yang belum pernah terpapar oleh kotoran dan sampah.

2. Sate Biawak

Kuliner ekstrem yang bisa ditemukan di Indonesia berikutnya yaitu sate biawak. Hewan yang biasanya hidup di daerah rawa-rawa ini tidak hanya diolah menjadi sate saja, namun ada juga  yang memasaknya menjadi tongseng.

Menurut beberapa orang sate biawak ini dipercaya cukup efektif untuk menyembuhkan penyakit kulit. Hal itu dikarenakan kandungan protein yang ada di dalamnya sangatlah banyak.

Di samping bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit, makanan ekstrem yang terbuat dari bahan tidak lazim ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati asma.

3. Belalang Goreng

Apabila Anda berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta, Jangan lupa untuk mengunjungi Kabupaten gunung kidul. Pasalnya di kabupaten Gunungkidul itu terdapat makanan ekstrem berupa belalang goreng.

Perlu diketahui bahwa pada zaman dahulu salah satu kuliner ekstrem yang bisa ditemukan di Indonesia ini,  oleh penduduk kabupaten Gunungkidul dijadikan lauk pauk sebagai pengganti daging ayam yang mahal kala itu.

Umumnya belalang yang digunakan untuk membuat kuliner ekstrem ini memiliki ukuran lebih besar dan biasanya dijumpai di daerah persawahan. Untuk cara pengolahannya sendiri tidak dilakukan secara asal-asalan namun sebelum digoreng bagian organ-organ dari belalang itu akan dibersihkan terlebih dahulu.

4. Paniki

Kuliner ekstrem yang bisa ditemukan di Indonesia selanjutnya yakni paniki. Kuliner ekstrem asal Minahasa ini terbuat dari bahan berupa kelelawar pemakan buah-buahan.

Nantinya kelelawar pemakan buah itu akan dimasak dengan santan kelapa sehingga menghasilkan cita rasa gurih. Sedangkan untuk bumbunya berupa bawang merah, cabe, serai dan bawang putih yang akan dihaluskan terlebih dahulu.

Selain Minahasa, makanan ekstrem ini juga bisa anda temukan di berbagai wilayah lainnya di Indonesia seperti kabupaten Gunungkidul Yogyakarta, Kalimantan dan Maluku.

5. Botok Tawon

Kuliner ekstrem yang bisa ditemukan di Indonesia ini bisa kamu jumpai di pulau Jawa khususnya daerah Banyuwangi. Makanan unik yang terbuat dari bahan berupa sarang lebah ini dimasak dengan cara dibungkus menggunakan daun pisang.

Tetapi sebelum dibungkus menggunakan daun pisang sarang lebah itu akan diberi bumbu botok dan cabe terlebih dahulu, kemudian barulah dimasak dengan cara dikukus hingga matang.

Kemudian setelah matang botok tawon tersebut akan disajikan bersama dengan sayuran seperti taoge atau bayam yang sebelumnya telah direbus.

Itulah tadi 5 kuliner ekstrem yang bisa di temukan di Indonesia.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *