Connect with us

Kesehatan

Tak Hanya Nikmat, Ternyata Teh Hijau Punya Banyak Khasiat Untuk Kesehatan

Published

on

khasiat teh hijau untuk kesehatan bindoid-0c1f06dc
Ilustrasi | Foto: pexels.com/maria tyutina

Kesehatan, Bindo.id – Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang populer di berbagai negara. Semua kalangan usia menyukai teh hijau karena aroma khas dan rasanya yang nikmat. Selain itu, teh hijau kian diminati karena dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Jika menilik sejarahnya, sejak dahulu teh hijau memang sudah dimanfaatkan oleh masyarakat Cina dan Jepang untuk pengobatan. Tradisi minum teh hijau sekaligus menjadi cara untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan merawat kecantikan. Tradisi ini kemudian menyebar hingga ke negara-negara lain, termasuk Indonesia.

Ilustrasi |Foto: pexels.com/Anna Pyshniuk

Kandungan Teh Hijau

Berbeda dengan jenis teh lain, proses pengolahan teh hijau tidak melalui proses fermentasi. Daun teh hanya diproses dengan pengeringan dan penguapan untuk menghasilkan teh hijau yang kaya kandungan katekin.

Proses pengolahan tersebut juga menjaga kadar antioksidan tetap tinggi dalam teh hijau. Selain itu, teh hijau mengandung polifenol 90%, asam amino 7%, theanine, kafein, flavonoid, dan proanthocyanidis.

Dari laman Siloam Hospital disebutkan kandungan lain dalam per 100 gram teh hijau, yaitu:

  • Beta karoten (8.400 mcg)
  • Vitamin B1 (0,8 mg)
  • Vitamin B3 (4,6 mg)
  • Vitamin B2 (1,24 mg)
  • Vitamin C (230 mg)
  • Fosfor (415 mg)
  • Serat (9,6 g)
  • Kalsium (245 mg)
  • Karbo (53,6 g)
  • Protein (28,3 g)
  • Riboflavin (1,24 mg)
  • Air (7,7 g)
  • Kalium (5.873,9 mg)

Semua nutrisi yang terkandung dalam teh hijau tersebut berperan aktif memberikan manfaat baik bagi kesehatan. Tentunya lebih efektif saat diseduh dengan suhu yang tepat dan tanpa tambahan gula atau pemanis buatan yang berlebihan.

Khasiat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Melansir dari health.com, ada banyak penelitian yang sudah dilakukan untuk membuktikan khasiat teh hijau. Berikut beberapa khasiat teh hijau untuk kesehatan yang sudah terbukti secara ilmiah.

Baca Juga  Ini Dia Lima Manfaat Teh Hijau yang Wajib Kamu Ketahui!

1. Menurunkan kadar kolesterol

Penelitian menyebutkan bahwa kandungan polifenol dalam teh hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Polifenol menghambat usus untuk menyerap kolesterol. Dengan stabilnya kadar kolesterol, maka akan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Nutrisi Bio Med Central pada 2020 lalu. Penelitian tersebut menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau berkaitan dengan kadar kolesterol jahat yang lebih rendah.

2. Cocok untuk membantu program diet

Anda pasti tidak asing lagi dengan khasiat teh hijau yang satu ini. Ya, teh hijau terbukti mampu mendukung program diet sehat. Teh hijau mampu menurunkan kadar lemak tubuh, serta mengecilkan lingkar pinggang dan perut.

Kandungan katekin pada teh hijau membakar lemak lebih cepat. Selain itu, teh hijau juga membantu kelancaran proses metabolisme tubuh. Tentunya sembari didukung dengan olahraga rutin.

3. Mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit

Teh hijau kaya akan antioksidan dan antiinflamasi. Hal ini sangat berperan dalam menjaga kesehatan kulit, terutama kulit wajah. Jika dikonsumsi secara rutin dalam batas yang wajar, maka teh hijau mampu mencegah munculnya jerawat. Elastisitas kulit juga lebih terjaga sehingga mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

4. Mencegah diabetes tipe 2

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC) USA, konsumsi teh hijau adalah salah satu cara efektif untuk mencegah dan mengelola diabetes tipe 2. Kandungan antioksidan pada teh hijau mampu mengurangi resistensi insulin.

Seperti diketahui, resistensi insulin adalah faktor risiko utama terjadinya diabetes tipe 2. Saat resistensi insulin terjadi, maka sel kurang sensitif terhadap hormon insulin. Sel akhirnya tidak mampu mengubah gula darah menjadi energi.

Baca Juga  Ini Dia Lima Manfaat Teh Hijau yang Wajib Kamu Ketahui!

5. Mengatasi kondisi sulit tidur (insomnia)

Apakah Anda sering mengalami kesulitan tidur (insomnia)? Jika iya, maka cobalah mengonsumsi secangkir teh hijau  rendah kafein. Buatlah seduhan teh hijau panas sesaat sebelum tidur.

Kandungan L-theanine pada teh hijau mampu memberikan efek menenangkan  dan mengurangi hormon stres. Dalam keadaan tenang, maka Anda menjadi lebih mudah mengantuk dan bisa beristirahat dengan nyaman.

Itulah sederet khasiat teh hijau untuk kesehatan. Mulai dari menurunkan kadar kolesterol, membantu program diet, hingga mengatasi insomnia. Yang pasti, perhatikan cara mengonsumsi teh hijau yang tepat agar khasiatnya lebih terasa. Mulai tertarik mencobanya?

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *