Connect with us

Destinasi

Tempat Wisata Indonesia yang Terkenal di Dunia

Published

on

Ilustrasi tempat wisata Indonesia yang terkenal di Dunia. Sumber foto: Pexels/Bart ter Haar
Ilustrasi tempat wisata Indonesia yang terkenal di Dunia. Sumber foto: Pexels/Bart ter Haar

Destinasi, Bindo.id – Tempat wisata Indonesia yang terkenal di dunia jumlahnya terbilang banyak. Dari Sabang sampai Merauke, negara Indonesia dikelilingi oleh alam yang indah. Tidak heran, jika negara Indonesia sering dijadikan sebagai tempat berlibur para touris atau pengunjung dari mancanegara.

Indonesia merupakan salah satu negara yang disebut sebagai surganya dunia. Istilah ini tentu bukan hanya sekedar omongan biasa. Melainkan ada fakta-fakta yang ikut menyertai untuk memperkuat julukan tersebut.

Keindahan alam yang dimiliki Indonesia, diantaranya; Destinasi pantai yang menyebar hampir di seluruh Indonesia. Mulai dari pulau Jawa, Madura, Sumatra, dan pulau-pulau lainnya. selain itu terdapat beberapa pegunungan, air terjun, danau, dan lain sebagainya yang juga tersebar merata di Indonesia.

Tempat Wisata di Indonesia yang Bertaraf Internasional

Salah satu hal menarik yang memikat orang luar untuk datang ke Indonesia adalah keindahan alam yang menakjubkan. Berikut referensi beberapa tempat wisata yang bertaraf internasional dan banyak dikunjungi orang dari luar negeri, lengkap dengan narasi video. Untuk informasi perihal rute mencapai lokasi dan biaya-biaya yang harus disiapkan, baca artikelnya sampai selesai ya!

1. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo adalah salah satu tempat wisata di Indonesia yang terkenal di dunia. Destinasi wisata yang menarik perhatian ini berada di sebelah timur pulau sumbawa. Tepatnya di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Objek wisata yang ada di Taman Nasional Pulau Komodo terbilang lengkap. Di dalam lingkupnya terdapat tiga pulau besar yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Diantaranya; Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Pulau Rinca.

Selain dapat melihat kelincahan hewan Komodo, di kawasan ini para pengunjung juga bisa memanjakan matanya dengan menikmati keindahan alam yang masih asri.

Seperti area perhutanan dengan vegetasinya yang beragam, perbukitan yang nampak hijau, dan kawasan pantai dengan butiran pasir dan air yang berwarna biru bening.

Baca Juga  Daftar Tempat Wisata di Indonesia yang Bertaraf Internasional

Objek yang tidak kalah menarik bahkan menantang adrenalin yaitu berfoto dengan para Komodo yang berkeliaran bebas. Untuk meminimalisir terjadinya hal-hal buruk, pengelola wisata sudah menyiapkan pawang Komodo yang paham tentang karakteristik Komodo serta dapat menjinakkannya.

Walaupun begitu, untuk para perempuan yang sedang menstruasi disarankan untuk tidak berkunjung ke tempat ini. Karena pada dasarnya, Komodo sangat sensitif terhadap bau darah.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari Travel Promo, tiket masuk ke Pulau Komodo terkategori murah dan terjangkau. Terdapat perbedaan harga tiket untuk WNI dan WNA. Tiket masuk untuk WNI berkisar 5000 rupiah. Sedangkan WNA sekitar 150.000 rupiah.

Sedangkan untuk tiket penelusuran wisata, rinciannya sebagai berikut:

  • Tiket kegiatan wisata alam pengamatan kehidupan liar di Pulau Komodo: 10.000 rupiah
  • Tiket wisata alam snorkeling: 15.000 Rupiah
  • Tiket rekreasi dan olahraga DTW Komodo: 50.000 Rupiah
  • Tiket penelusuran hutan dan mendaki gunung: 5000 Rupiah
  • Tiket masuk kendaraan air kapal motor: 150.000 Rupiah

2. Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di dunia akan keindahan biota lautnya. Taman ini sudah diresmikan sejak tahun 1991. Tepatnya berada di Provinsi Sulawesi Utara.

Di area kawasan Taman Nasional Bunaken terdapat lima pulau yang tidak kalah mempesona dengan pulau-pulau lain yang ada di Indonsesia. Diantaranya; Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Mantehage, Pulau Naen, dan Pulau Siladen.

Ketika berkunjung ke Taman Nasional Bunaken ini para wisatawan akan dibuat takjub akan keindahan kehidupan di dalam laut. Ada beberapa spesies langka yang hanya bisa ditemukan di bunaken. Salah satunya Penyu Sisik Hawksbill.

Selain mahluk laut yang langka, juga terdapat terumbu karang yang lindungi dengan jumlah kurang lebih 58 jenis, dan spesies ikan kurang lebih sekitar 90 jenis. Semua hewan laut yang ada disini dirawat dan dilindungi dari kepunahan.

Baca Juga  KLM Indosiren Terbakar di Perairan Raja Ampat, Tim Aksi Cepat Ditjen Hubla Berhasil Evakuasi Korban

Dengan keindahan alamnya tersebut Taman Nasional Bunaken mendapatkan penghargaan dari UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Tiket masuk ke Taman Nasional Bunaken sangat terjangkau kantong. Untuk pengunjung dari Indonesia dikenakan tarif 5000 rupiah. Sedangkan wisatawan dari luar negeri dikenakan tarif 150.000 rupiah.

Untuk pengunjung dari luar Sulawesi Utara, tidak perlu bingung terkait tempat penginapan dan lain sebagainya. Karena di area Taman Nasional Bunaken terdapat banyak pilihan penginapan serta transportasi yang memudahkan perjalanan.

3. Raja Ampat

Raja Ampat terkenal sebagai surganya para pecinta bahari. Tempat wisata yang mendunia ini terletak di Papua Barat. Selain terkenal dengan keindahan alam dan lautnya, Raja Ampat juga masuk ke dalam salah satu spot menyelam terbaik.

Di Raja Ampat terdapat beberapa pulau yang sangat menarik untuk dilirik. Diantaranya; Pulau Wayag. Pulau ini memiliki gugusan pulau karst yang tersebar di hamparan laut biru, pantai berpasir putih yang indah, serta perbukitan yang bisa dipakai untuk melihat keindahan panorama laut sejauh 360 derajat.

Pulau selanjutnya yang ada di Raja Ampat yaitu Kepulauan Pam. Destinasi wisata yang terkenal di pulai ini, seperti; gugus terumbu karang, piaynemo, dan pulau karst kecil di Desa Pam. Selain itu, kepulauan ini juga menyimpan banyak situs menyelam.

Para wisatawan bisanya menggunakan paket atau tur rombongan. Paket yang disediakan sudah mencakup semua kebutuhan yang diperlukan. Seperti; transportasi pulang pergi, tiket masuk spot wisata, akomodasi penginapan, dan transportasi selama ada di sana.

Rincian estimasi biaya diluar tiket pesawat yang dilansir dari travel promo, diantaranya sebagai berikut:

  • Tiket masuk Raja Ampat (Berlaku selama 1 tahun) untuk WNI tarifnya 500.000 rupiah dan untuk WNA 1.000.000 rupiah.
  • Sewa mobil perhari termasuk supir dan bensin berkisar 700.000 sampai 900.000 rupiah.
  • Penginapan permalam termasuk makan mulai dari 300.000 rupiah.
  • Sewa speedboat untuk kapasitas 15 orang mulai dari 7.500.000 rupiah.
  • Paket diving berkisar 800.000 sampai 5.000.000.
  • Snorkeling sekitar 150.000 rupiah.
Baca Juga  KLM Indosiren Terbakar di Perairan Raja Ampat, Tim Aksi Cepat Ditjen Hubla Berhasil Evakuasi Korban

4. Pulau Derawan

Pulau Derawan terletak di kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan Derawan terdapat beragam objek wisata yang menarik dan membuat banyak orang terpikat untuk mengunjunginya.

Salah satunya adalah taman bawah laut. Wisata bahari ini bukan hanya diminati oleh penduduk lokal, melainkan para wisatawan dari luar negeri pun terpesona untuk melihatnya.

Di pulau Derawan terdapat 31 pulau yang masing-masing memamerkan ciri khas dan keunikannya. Dari pulau-pulau tersebut terdapat empat yang populer di dunia. Diantaranya; Pulau Derawan, Pulau Maratau, Pulau Kakaban, dan Pulau Sangalaki.

Kawasan di pulau-pulau tersebut memiliki ekosistem pesisir yang cantik dan menarik. Seperti; ekosistem padang lamun, ekosistem hutan bakau, dan ekosistem terumbu karang. Ekosistem-ekosistem tersebut merupakan bagian dari habitat alam yang dilindungi keberadaannya dari kepunahan.

Selain dari objek wisata yang telah disebutkan di atas, terdapat destinasi wisata lain yang juga tidak kalah menarik. Seperti Gua dan Resort di Pulau Maratau, berenang bersama ubur-ubur di Pulau Kakaban, Pulau Derawan dan Hiu Paus, dan lain sebagainya.

Dilansir dari travelpromo para pengunjung bisa masuk secara gratis ke pulau Derawan. Dibeberapa pulau tertentu dapat diakses 24 jam dan dibeberapa pulau lainnya perlu menyesuaikan jam buka terkait dengan objek wisata yang dituju.

Itulah tempat wisata Indonesia yang terkenal di dunia.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *