Connect with us

Bisnis

Dukung UMKM Lokal, Bupati Blitar Menghadiri Literasi dan Inklusi Keuangan Bagi Pelaku Usaha

Published

on

2ef29d57-e4b1-4c9f-b918-67f57a8fdd3a-87f1ec84

Blitar, Bindo.id – Digitalisasi memaksa masyarakat untuk bergerak cepat guna beradaptasi dengan zaman.

Segala kemudahan teknologi kiranya tidak membuat terlena dan menghilangkan kewaspadaan.

Bupati Blitar, Rini Syarifah membuka Sosialisasi Literasi dan Inklusi Keuangan Bagi Pelaku Usaha di Kabupaten Blitar pada Selasa (6/6).

Kegiatan hasil kolaborasi dengan Diskomonfotiksan Kabupaten Blitar, OJK Kediri, BPR Artha Selaras dan Asosiasi Usaha Mikro Blitar Sejahtera (Asmara) ini dilaksanakan di Hall Kampung Coklat Blitar.

Berdasarkan data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Jawa Timur Tahun 2022 indeks literasi keuangan naik dengan nilai 55,32% dan indeks inklusi keuangan naik hingga nilai 92,99%.

Bupati yang akrab disapa Mak Rini tersebut mengatakan literasi dan inklusi keuangan penting untuk didorong agar masyarakat dalam mengakses produk dan layanan jasa keuangan dengan baik.

Masyarakat diharapkan memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang manfaat, resiko dan informasi lain tentang produk layanan keuangan.

“Peningkatan literasi dan inklusi keuangan penting dilakukan untuk memaksimalkan percepatan sistem digital utamanya pada sektor permodalan sebagai proses penguatan UMKM yang lebih mandiri. Hal itu tidak lain demi kesejahteraan masyarakat,” kata Mak Rini

Menurutnya, UMKM dapat berperan untuk pemerataan ekonomi rakyat kecil sarana mengentaskan kemiskinan dan sarana devisa negara.

Untuk itu, Mak Rini meminta pada pihak terkait seperti TPKAD, TP2DD, OJK Kediri dan BPR Artha Selaras untuk tetap bersinergi melakukan pemerataan keuangan inklusif agar penipuan permodalan bagi pelaku usaha dapat diminimalisir.

Sumber : Pemkab Blitar

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Kapuspen TNI Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pondok Pesantren Jati Diri Bangsa