Connect with us

Ekonomi

Sewindu PSN, PT PPK Fokus Garap Kawasan Industri Kuala Tanjung (KIKT)

Published

on

Foto:istimewa/SPEL/Pelindo

Medan, Bindo.id – PT Prima Pengembangan Kawasan (PPK) sebagai anak perusahaan PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) turut serta dalam gelaran Sewindu Proyek Strategis Nasional (SN) yang diselanggrakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Kegiatan Sewindu PSN – Conference on National Strategic Projects dengan tema “Sustainable Infrastructure towards Indonesia Emas 2045”, telah diluncurkan dan diselenggarakan guna memperingati delapan tahun berjalannya proyek-proyek strategis nasional seiak pertama kali diresmikan dan telah memberikan dampak positif terhadap pembangunan infrastruktur dan ekonomi berkelanjutan di Indonesia, dalam keterangan tertulis, Rabu (3/8/2023).

Pada kesempatan tersebut turut hadir Manager Komersil PT PPK Said Joeanna dan mengatakan, bahwa PT PPK selaku Pelindo Group terus mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan infrastruktur nasional salah satunya melalui pengembangan Kawasan Industri Kuala Tanjung (KIKT).

“PT PPK secara bertahap mengalami peningkatan terhadap kegiatan pengembangan KIKT mulai dari penyiapan perizinan hingga pengadaan lahan yang tetap dilaksanakan dari tahun 2017 sampai dengan saat ini serta pembangunan infrastruktur dasar yang akan mulai dibangun pada Triwulan IV Tahun 2023. PT PPK juga gencar untuk terus melakukan pemasaran atas layanan KIKT,” ujar Said.

Sebagai informasi, Kawasan Industri Kuala Tanjung (KIKT) merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang terintegrasi dengan Pelabuhan Kuala Tanjung yang terletak di Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia berada tepat di Selat Malaka yang merupakan jalur pelayaran tersibuk di dunia.

KIKT memiliki berbagai keunggulan diantaranya terdapat akses tol Medan-Kuala Tanjung, dekat dengan Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangke, dan industri pengolahan alumunium PT Inalum. KIKT juga berada pada hinterland perkebunan kelapa sawit yang luas dan dekat dengan Pelabuhan Kuala Tanjung, sehingga dapat meminimalisir biaya pengangkutan dari dan ke Pelabuhan Kuala Tanjung.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sambutan acara Sewindu PSN mengatakan, bahwa PSN termasuk di dalamnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), merupakan salah satu upaya tranformasi ekonomi.

Baca Juga  Dukung Peningkatan Pariwisata, Pelindo Kerja Sama dengan Resorts World Cruises

Adanya infrastruktur yang dibangun melalui PSN juga menjadi penting bagi Indonesia untuk bisa lepas dari middle income trap.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion