Connect with us

Info Regional

IPC TPK Perluas Implementasi Customer Portal PARAMA di Palembang, Wujud Transformasi Digital Berbasis ESG

Published

on

Foto istimewa/IPC TPK

PALEMBANG (Bindo.id)– IPC Terminal Petikemas (IPC TPK) anak perusahaan Pelindo Terminal Petikemas, terus memperkuat langkah transformasi digital melalui implementasi sistem Customer Portal PARAMA di seluruh area kerjanya, termasuk di Area Palembang.

Inisiatif ini tidak hanya bertujuan meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas layanan pelanggan, tetapi juga menjadi bagian integral dari penerapan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) di lingkungan perusahaan.

PARAMA merupakan sistem single billing yang dikembangkan menggantikan E-Service yang sebelumnya digunakan di IPC TPK Palembang. Sistem ini dirancang untuk menyajikan portal terpadu bagi para pengguna jasa, memungkinkan mereka melakukan request kegiatan mulai dari receiving/delivery hingga kegiatan pendukung lainnya secara daring. Dengan hadirnya PARAMA, IPC TPK berharap dapat menciptakan proses layanan yang semakin efisien, transparan, dan ramah lingkungan.

PARAMA juga dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan yang memudahkan pengguna jasa, seperti kemampuan melacak petikemas dan melihat jadwal sandar kapal tanpa perlu log in, fitur multipayment yang memungkinkan hingga 25 transaksi sekaligus tanpa permintaan terpisah, serta tampilan riwayat pergerakan petikemas secara real-time. Selain itu, PARAMA juga menghadirkan menu baru seperti behandle request dan penggantian Pelabuhan Tujuan (POD) sebelum proses gate in, yang semakin menyempurnakan kemudahan dan fleksibilitas layanan bagi pelanggan.

Corporate Secretary IPC TPK, Pramestie Wulandary, menyampaikan bahwa implementasi PARAMA menjadi langkah strategis dalam mewujudkan tata kelola operasional yang berkelanjutan dan berdaya saing tinggi.

“PARAMA bukan sekadar sistem digital, tetapi bagian dari komitmen kami terhadap transformasi menyeluruh berbasis ESG. Dari sisi lingkungan, sistem ini membantu mengurangi penggunaan kertas dan mobilitas dokumen fisik. Dari sisi tata kelola, PARAMA memperkuat transparansi, akuntabilitas, serta efisiensi dalam pelayanan kepada pelanggan,” ujar Pramestie Wulandary, dalam keterangan tertulis. Rabu (5/11/2025).

Sebelumnya, IPC TPK Area Palembang bersama Integrasi Logistik Cipta Solusi (ILCS) dan Pelindo Regional 2 Palembang telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi & Training Customer Portal (PARAMA) pada 29–30 Oktober 2025. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan manajemen Pelindo Regional 2, pelanggan, serta tim operasional IPC TPK Area Palembang untuk memberikan pemahaman menyeluruh terkait fitur dan manfaat PARAMA dalam mendukung proses bisnis kepelabuhanan.

Baca Juga  IPC TPK Buka Rute Baru untuk Perkuat Jalur Perdagangan Indonesia-Vietnam

Dengan implementasi PARAMA di berbagai area operasional, IPC TPK menegaskan komitmennya untuk menghadirkan layanan terminal petikemas yang modern, efisien, dan berorientasi pada keberlanjutan. Upaya ini juga menjadi bagian dari kontribusi IPC TPK dalam mendukung roadmap transformasi digital dan green port operation yang dijalankan oleh Pelindo Group secara nasional.

Lebih lanjut, Pramestie menambahkan bahwa penerapan PARAMA juga memberikan dampak sosial positif melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan adaptasi teknologi di seluruh lini operasional.

“Kami ingin memastikan seluruh insan IPC TPK dan pelanggan dapat beradaptasi dengan sistem digital yang kami kembangkan. Inilah wujud nyata transformasi digital yang inklusif dan berkelanjutan,” tambahnya.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
YouTube, dan Dailymotion