Connect with us

Destinasi

Menpar Promosikan Indonesia sebagai Destinasi Wisata Premium bagi Wisatawan Korsel

Published

on

Foto istimewa

SEOUL (Bindo.id)  – Menteri Pariwisata (Menpar) Widiyanti Putri Wardhana memperkenalkan dan mempromosikan Indonesia sebagai destinasi wisata premium bagi wisatawan Korea Selatan (Korsel).

“Indonesia adalah negara kepulauan dengan 17 ribu pulau yang dilengkapi dengan tradisi yang kaya dan pemandangan yang indah. Tentunya ini menawarkan pengalaman berwisata yang berbeda-beda di setiap destinasi,” tuturnya dalam Wonderful Indonesia Business Matching di Seoul, Korsel, Senin (8/9/2025) waktu setempat.

Pada misi promosi kali ini, Kementerian Pariwisata hadir dengan mengusung kampanye “Go Beyond Ordinary”. 

Kemenpar juga membawa 14 stakeholder pariwisata Indonesia, yang terdiri dari operator dan agen perjalanan, maskapai, Destination Management Company (DMC), dan mitra perhotelan. 

“Para stakeholder pariwisata ini tidak hanya memamerkan produk, tapi juga terbuka untuk berkolaborasi dalam pembuatan paket wisata,” jelas Menpar.

Adapun partisipasi pada Wonderful Indonesia Business Matching ini diperkirakan menghasilkan kunjungan wisatawan mancanegara sebesar 5.250 pax, dengan potensi devisa sebesar 7.266.000 dollar Amerika Serikat.

Dia mengatakan, keberagaman yang ada di Indonesia merupakan daya tarik utama yang bisa didapatkan wisatawan mancanegara, dalam hal ini Korea Selatan jika berkunjung ke Indonesia. 

“Adapun pengalaman berwisata premium yang ditawarkan ke pasar Korsel di antaranya, Indonesia sebagai destinasi pernikahan (wedding destination) dan bulan madu (honeymoon destination) dengan tujuan utama Bali, Sumba, dan Labuan Bajo.

Bagi wisatawan yang menyukai petualangan, Indonesia sebagai surga penyelam menawarkan destinasi seperti Raja Ampat, Wakatobi, Labuan Bajo, Morotai, dan Manado-Likupang.

Indonesia juga sedang bertumbuh sebagai destinasi tujuan para golfer. Lapangan golf di Batam, Bintan, Bali, dan Jakarta menjadi lokasi berlangsungnya kompetisi yang bertemu dengan pelayanan kelas dunia.

“Wisata marine dan golf mengundang para wisatawan berkualitas. Bersama, kita dapat membuat program-program yang tepat sasaran untuk menghadirkan pengalaman premium ini secara langsung kepada pelanggan,” imbuhnya.

Baca Juga  Bahas Persiapan Angleb hingga Pengembangan Sektor Pariwisata, Menhub Kedatangan Menpar

Menpar mengungkapkan, selain wisata olahraga, pernikahan, dan petualangan, Indonesia juga menawarkan pilihan wisata kebugaran (wellness) yang beragam. 

Warisan kearifan lokal dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh melalui ritual spa, pijat tradisional, hingga praktik penyembuhan holistik yang menyatu dengan keramahtamahan modern dapat dirasakan wisatawan di destinasi seperti Ubud dan Yogyakarta.

“Hari ini kami ingin menunjukkan bahwa keberagaman Indonesia lebih dari sekadar ukuran. Keberagaman ini dapat dibentuk sesuai dengan minat wisatawan Korea Selatan yang terus berkembang,” ujar dia.

Tak hanya keberagaman budaya, Indonesia juga memiliki 10 situs warisan dunia yang ikonik termasuk Candi Borobudur dan 16 warisan budaya tak benda yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk menemukan pengalaman berwisata sejarah yang unik, mempelajari warisan budaya Indonesia, dan menegaskan posisi Indonesia sebagai destinasi pariwisata kelas dunia.

Menpar menegaskan komitmen Pemerintah Indonesia untuk senantiasa menjaga ketertiban umum dan melindungi semua warga negara serta menjamin keamanan wisatawan yang berkunjung.

“Kami meyakinkan semua pengunjung bahwa Indonesia tetap terbuka, ramah, dan semua destinasi wisata utama di seluruh negeri dapat diakses. Kami sepenuhnya berdedikasi untuk memberikan pengalaman perjalanan yang aman dan berkesan,” pungkas Menpar. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *