Connect with us

Peristiwa

Kebakaran KM Umsini Cepat Ditangani, Pelni Apresiasi Dukungan Semua Pihak

Published

on

Foto istimewa/Pelni

JAKARTA (Bindo.id) – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni mengapresiasi tim gabungan yang berasal dari Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan, Pelindo, Lamtamal TNI AL, kepolisian hingga dinas pemadam kebakaran Kota Makassar dalam penanganan kebakaran KM Umsini yang terjadi Ahsd (9/6/2024) pagi. 

“Kebakaran dapat ditangani dengan cepat tanpa korban jiwa,” jelas Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Evan Eryanto, Senin (10/6/2024).

Dia mengatakan keterlibatan seluruh unsur lembaga serta komunikasi yang baik membuat dampak kebakaran dapat diminimalisir dan ditangani dengan baik sesuai prosedur.

“Situasi dapat dikendalikan dengan cepat, dan saat ini kami melanjutkan fokus untuk memberikan pelayanan bagi penumpang lanjutan,” ujarnya. 

Selain dinas kebakaran Kota Makassar yang menerjunkan 13 mobil damkar, pihak Pelindo juga mengerahkan tiga kapal tunda. Kebakaran yang diketahui terjadi pada pukul 04.20 WITA berhasil dipadamkan pada pukul 09.03 WITA. 

Eva mengulas, saat insiden terjadi, KM Umsini tengah proses sandar di dermaga Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar dan mengangkut 1.677 penumpang dengan tujuan Surabaya, Tanjung Pinang, dan Jakarta. 

“Dampaknya, penumpang lanjutan tersebut diturunkan seluruhnya ke terminal penumpang Makassar karena KM Umsini tidak dapat melanjutkan perjalanan,” ungkap dia. 

Evan menambahkan, setelah berkoordinasi dengan KSOP, Pelindo dan pemilik kapal swasta, pada Ahad sore sebanyak 419 penumpang KM Umsini dengan tujuan Surabaya diberangkatkan dengan menggunakan kapal milik Dharma Lautan Utama (DLU). 

Sementara untuk penumpang tujuan Tanjung Pinang akan diangkut menggunakan KM Labobar dan tujuan Jakarta dengan KM Dorolonda yang keduanya akan tiba bersamaan di Makassar, Selasa (11/6/2024). 

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan penumpang atas kejadian ini. Selama menunggu kedatangan kapal, seluruh akomodasi dan makan penumpang lanjutan akan kami tanggung,” tegas Evan. 

Baca Juga  Polisi Selidiki Kebakaran Hebat Yang Terjadi di Perkantoran Pemda Jayapura

Dia mengimbau kepada seluruh calon pelanggan untuk dapat menyesuaikan perjalanannya. 

Bagi pihak keluarga yang kesulitan menghubungi anggotanya yang diketahui berada di KM Umsini saat kejadian, dapat menghubungi saluran resmi Contact Center 021-162 atau Whatsapp Official 08111621162.(bas) 

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion