Connect with us

Transportasi

Menhub Cek Lokasi Pembangunan Kereta Otonom di IKN

Published

on

foto: istimewa

PENAJAM PASER UTARA (Bindo.id) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau lokasi pembangunan kereta otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024). 

“Hari ini saya meninjau lokasi pembangunan ART. Penggunaan ART di IKN merupakan lompatan penggunaan teknologi transportasi masa depan, yakni kereta tanpa rel. Saya lihat pembangunannya berjalan sesuai rencana,” tutur Menhub.

ART nantinya dioperasikan menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet. 

Nantinya, kereta tersebut akan berada di kawasan Sumbu Kebangsaan Timur dan Sumbu Kebangsaan Barat, di mana tahap pembangunan rutenya akan dilakukan dalam dua fase.

“Satu set ART terdiri dari dua gerbong, dengan total kapasitas penumpang sebanyak 324 orang. Kecepatan operasionalnya 40 km/jam dan maksimal 70 km/jam,” ungkapnya. 

Terkait jalur, Menhub menuturkan bahwa panjang pembangunan jalur ART tahap satu adalah kurang-lebih 1,2 km, sedangkan panjang pembangunan jalur tahap dua adalah kurang-lebih 5,2 km. 

Saat beroperasi nanti, kata Menhub, jalur dan halte ART akan sharing dengan Bus Rapit Transit (BRT).

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto, Direktur Prasarana Perkeretaapian Kemenhub Djarot Tri Wardhono, dan Direktur Angkutan Jalan Ditjen Hubdat Suharto.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Menhub, Menko PMK, dan Kapolri Tinjau Kondisi Arus Kendaraan Pemudik di Tol Cikampek