Connect with us

Transportasi

Pelindo Sediakan 21 Terminal Keberangkatan Demi Antisipasi Lonjakan Penumpang Menjelang Natal Dan Tahun Baru 2024

Published

on

Ilustrasi mudik natal dan tahun baru 2024 lewat jalur laut [merdeka]
Ilustrasi mudik natal dan tahun baru 2024 lewat jalur laut [merdeka]

Surabaya, Bindo.id – Menjelang Natal dan Tahun Baru, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Regional 3 telah mempersiapkan 21 terminal penumpang untuk menyambut arus mudik Nataru 2023 serta mengantisipasi lonjakan pemudik terutama lewat jalur laut.

Diprediksi penumpang laut di wilayah Pelindo Regional 3 akan mengalami kenaikan sebesar 23% dari tahun lalu.

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki di Surabaya, menuturkan di tahun lalu arus penumpang nataru 2022 sebanyak 322 ribu penumpang. Dia menyebutkan kali ini penumpang diprediksi akan melonjak sebesar 23% yakni menjadi sekitar 396 ribu penumpang.

Oleh sebab itu, Pelindo Regional 3 juga sudah mengadakan bwberapa persiapan, diantaranya yakni penyiapan berbagai fasilitas keamanan maupun kenyamanan, bahkan kesehatan untuk para calon pemudik yang tiba ataupun berangkat dari setiap terminal penumpang.

“Sejumlah fasilitas yang dipastikan siap diantaranya ruang tunggu penumpang, alat pemeriksa suhu tubuh, ruang laktasi, penambahan counter check-in hingga penambahan petugas jaga dan CCTV guna memastikan keamanan bagi calon pemudik,” tutur Ardhy saat siaran persnya.

Pelindo Regional 3, juga akan terus melakukan koordinasi bersama beberapa pemangku kepentingan, diantaranya OP, syahbandar serta penyedia pelayaran. Hal ini dilakukan supaya arus mudik Nataru 2023 terutama lewat jalur laut dapat berjalan dengan lancar.

Sebelumnya arus mudik Nataru baik melalui darat, udara ataupun laut telah diprediksi akan ada kenaikan jumlah penumpang usai pemerintah melonggarkan aturan berpergian.

Terrminal penumpang yang berada di bawah naungan Pelindo Regional 3 yakni Pelabuhan Maumere, Pelabuhan Ende, Pelabuhan Kupang Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Benoa, Pelabuhan Gilimas, Pelabuhan Bima dan Lembar.

“Kami telah memastikan seluruh terminal penumpang di wilayah kerja kami. Semua fasilitas umum baik fasilitas ruang tunggu, ruang menyusui, hingga ruang kesehatan dipastikan siap melayani penumpang saat Nataru hingga arus mudik lebaran tahun 2024 mendatang ” ujarnya

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Sambut Mudik Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Berikan 4 Strategi untuk Cegah Kemacetan