Connect with us

Transportasi

DAMRI Kembangkan Angkutan Perintis di Sukabumi, Berikut Rute dan Jadwal Layanan

Published

on

foto:istimewa/damri

Jakarta, Bindo.id – DAMRI terus perkuat konektivitas hadirkan Angkutan Perintis di wilayah Jawa Barat bagian Selatan di 5 (lima) kabupaten, di antaranya Pangandaran, Tasikmalaya, Garut, Cianjur dan Sukabumi, dengan melayani beberapa rute perjalanan, yaitu Pelabuhan Ratu, Sagaranteun, Surade, Tegal Buleud, Sindang Barang, Pameumpeuk, Cipatujah, dan Pangandaran.

Kabupaten Sukabumi adalah kota yang terletak di bagian selatan tengah provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Memiliki jumlah penduduk lebih dari 350 ribu juta jiwa ini membuat DAMRI berinisiasi hadir menyediakan layanan berupa angkutan perintis yang bertujuan menunjang mobilisasi masyarakat dalam melakukan perjalanan daerah satu ke daerah lainnya dengan menggunakan transportasi umum.

“DAMRI menyediakan empat rute layanan perintis yang tersusun dalam jadwal layanan berikut ini:” Ucap Plt. Corporate Secretary DAMRI Lishna Nurul Hikmah, dalam siaran tertulis, Kamis (20/7/2023).

1.    Sagaranteun – Pelabuhan Ratu PP
Berangkat dari Sagaranteun maupun Pelabuhan Ratu pukul 07.00, 12.00, 17.00, dan 22.00 WIB dengan rute yang dilalui yaitu Sagaranteun – Pabuaran – Sirnasari – Bojong Haur – Lengkong – Kiara Dua – Pelabuhan Ratu. Tarif yang dikenakan sebesar Rp50.000,-

2.    Sindang Barang – Pangandaran PP
Berangkat dari Sindang Barang maupun Pangandaran pukul 07.00 dan 09.00 WIB. Rute yang dilalui dari Sindang Barang yaitu Sindang Barang – Cidaun – Pameumpeuk – Cipatujah – Cimanuk – Cijulang – Pangandaran. Sedangkan rute yang dilalui dari Pangandaran yaitu Pangandaran – Cijulang – Cimanuk – Cipatujah – Pameumpeuk – Ranca Buaya – Cidaun – Sindang Barang. Tarif yang dikenakan sebesar Rp20.000 – Rp85.000,-

3.    Sagaranteun – Tegal Buleud PP
Berangkat dari Sagaranteun maupun Tegal Buleud pukul 07.00 dan 12.00 WIB, dengan rute yang dilalui yaitu Sagaranteun – Ciguyang – Cipamingkis – Cilodog – Rambay – Karang Anyar – Tegal Buleud. Tarif yang dikenakan sebesar Rp40.000,-

Baca Juga  Dukung Pariwisata Danau Toba, DAMRI Hadirkan Layanan KSPN

4.    Sagaranteun – Surade
Berangkat dari Sagaranteun maupun Surade pukul 07.00, 12.00, dan 16.30 WIB, dengan rute yang dilalui yaitu Sagaranteun – Cisagu – Bangbayang – Caringin – Kali Bunder – Cimanggu – Jampang Kulon – Surade. Tarif yang dikenakan sebesar Rp30.000,-

Untuk menikmati layanan tersebut, pelanggan dapat melakukan pemesanan tiket melalui narahubung DAMRI Sukabumi di nomor telepon 0813 2100 0452 atau menghubungi media sosial DAMRI pada akun Instagram, Twitter, Facebook di @DamriIndonesia.

“DAMRI berharap hadirnya angkutan perintis di wilayah Sukabumi dan sekitarnya mampu menunjang mobilisasi masyarakat dalam melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain,” tambah Lishna.

Melalui layanan tersebut, DAMRI siap memenuhi kebutuhan masyarakat akan fasilitas transportasi.

Ujungnya, biaya logistik dapat berkurang, produk pertanian dan kerajinan dapat terdistribusikan, serta masyarakat daerah tersebut dapat bermobilitas dengan lebih baik.

DAMRI berharap layanan ini dapat terus terlaksana sehingga dapat memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat di kawasan 3TP tersebut.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion